Anies Baswedan: Pengapresiasian pada Parpol Pengusungnya

Bakal calon presiden Anies Baswedan memuji tiga partai politik yang mendukungnya, yaitu Partai NasDem, Demokrat, dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS), karena mereka memperjuangkan pesan perubahan bersamanya. Dalam rencana yang telah diumumkan, ketiga partai ini akan membentuk Koalisi Perubahan.

Anies Baswedan: Pengapresiasian pada Parpol Pengusungnya – Tempo.co

Anies mengucapkan terima kasih atas keseriusan ketiga partai tersebut dan berharap akan ada partai keempat yang akan bergabung dalam koalisi tersebut. Namun, dia juga menekankan bahwa pengumuman tentang keanggotaan partai keempat tidak akan segera diumumkan, karena prinsip yang dijunjung adalah menyelesaikan pekerjaan terlebih dahulu, baru kemudian mengumumkan.

“Kami melihat bahwa keseriusan tiga parpol ini, mudah-mudahan tidak lama lagi ada yang keempat. Kita biasa kerja selesai, baru pengumuman. Bukan pengumuman, pesta pora, enggak jadi barangnya,” kata Anies di kawasan Ancol, Jakarta Utara, Kamis, 16 Maret 2023.

Menurut Anies, hal yang penting adalah pesan tentang perubahan dan perbaikan yang ingin disampaikannya dapat menjangkau lebih banyak orang, dan bukan hanya berfokus pada jumlah partai politik yang mendukungnya. Anies juga mengungkapkan niatnya untuk mengembalikan nilai dan semangat para pendiri bangsa, sehingga jargon perubahan dan perbaikan yang sering ia sebutkan adalah sesuai dengan semangat restorasi yang diusung oleh Partai NasDem.

Sementara itu, menjelang Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024, peta koalisi politik sudah mulai terlihat. Partai Golkar, PAN, dan PPP telah membentuk Koalisi Indonesia Bersatu (KIB), sementara Partai Gerindra dan PKB bergabung dalam Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya (KIB).

Namun, PDIP belum memutuskan koalisi politik mana yang akan diikuti pada Pilpres 2024. Saat ini, Anies merupakan satu-satunya bakal calon presiden yang memiliki tiket maju dalam kontestasi Pilpres 2024. Meskipun Koalisi Perubahan sudah dideklarasikan, namun capres dan cawapres dari koalisi tersebut belum diumumkan.