Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Memahami Cloud Computing

Apa itu Cloud Computing?

Anda mungkin pernah mendengar orang menggunakan istilah seperti awan, komputasi awan, atau penyimpanan awan. Tapi apa sebenarnya awan itu?

Sederhananya, awan adalah Internet-lebih spesifik lagi, semua itu bisa Anda akses dari jarak jauh melalui Internet. Bila ada sesuatu di awan, itu berarti tersimpan di server Internet dan bukan hard drive komputer Anda.

Memahami Cloud Computing
Memahami Cloud Computing

Mengapa Menggunakan Cloud Computing?

Beberapa alasan utama penggunaan awan adalah kemudahan dan kehandalan. Misalnya, jika Anda pernah menggunakan layanan email berbasis web, seperti Gmail atau Yahoo! Mail, Anda telah menggunakan cloud. Semua email di layanan berbasis web disimpan di server dan bukan pada hard drive komputer Anda. Ini berarti Anda dapat mengakses email Anda dari komputer manapun dengan koneksi internet. Ini juga berarti Anda dapat memulihkan email jika terjadi sesuatu pada komputer Anda.

Mari kita lihat beberapa alasan paling umum untuk menggunakan Cloud :

Penyimpanan file: Anda dapat menyimpan semua jenis informasi di awan, termasuk file dan email. Ini berarti Anda dapat mengakses hal-hal ini dari komputer atau perangkat seluler manapun dengan koneksi Internet, bukan hanya komputer di rumah Anda. Dropbox dan Google Drive adalah beberapa layanan penyimpanan berbasis awan yang paling populer.

File sharing: Cloud memudahkan berbagi file dengan beberapa orang secara bersamaan. Misalnya, Anda dapat mengunggah beberapa foto ke layanan foto berbasis awan seperti Flickr atau iCloud Photos, lalu membagikannya dengan teman dan keluarga dengan cepat.

Mencadangkan data: Anda juga dapat menggunakan awan untuk melindungi file Anda. Aplikasi seperti Mozy dan Carbonite secara otomatis mencadangkan data Anda ke awan. Dengan cara ini, jika komputer Anda pernah hilang, dicuri, atau rusak, Anda masih bisa memulihkan file-file ini dari awan.

Apa itu aplikasi web?

Sebelumnya, kami berbicara tentang bagaimana aplikasi desktop memungkinkan Anda melakukan tugas di komputer Anda. Tapi ada juga aplikasi web-atau aplikasi web-yang berjalan di awan dan tidak perlu dipasang di komputer Anda. Banyak situs yang paling populer di Internet sebenarnya adalah aplikasi web. Anda mungkin bahkan telah menggunakan aplikasi web tanpa menyadarinya! Mari kita lihat beberapa aplikasi web populer.

  • Facebook: Facebook memungkinkan Anda membuat profil online dan berinteraksi dengan teman Anda. Profil dan percakapan dapat diperbarui setiap saat, jadi Facebook menggunakan teknologi aplikasi web agar informasi tetap up to date.
  • Pixlr: Pixlr adalah aplikasi pengeditan gambar yang berjalan di browser web Anda. Sama seperti Adobe Photoshop, ini mencakup banyak fitur canggih, seperti koreksi warna dan alat mengasah.
  • Google Docs: Google Docs adalah office suite yang berjalan di browser Anda. Sama seperti Microsoft Office, Anda bisa menggunakannya untuk membuat dokumen, spreadsheet, presentasi, dan banyak lagi. Dan karena file tersebut tersimpan di awan, mudah untuk membaginya dengan orang lain.

Post a Comment for "Memahami Cloud Computing"