Inilah 5 Aplikasi Augmented Reality Tercanggih Untuk Smartphone Anda

Dunia teknologi komputer khususnya digital saat ini memang semakin berkembang dengan pesatnya. Salah satu teknologi yang paling banyak diminati saat ini adalah teknologi yang bernama Augmented Reality (AR). Teknologi ini memiliki kemampuan untuk menggabungkan dunia digital dengan dunia nyata dengan memanfaatkan kamera yang terpasang pada smartphone. Membawa dunia digital ke dunia nyata memang adalah salah satu revolusi dari dunia teknologi saat ini. Dan, ternyata kecanggihan teknologi tersebut sudah berada dalam genggaman tangan kita.


Inilah 5 Aplikasi Augmented Reality Tercanggih Untuk Smartphone Anda

Nah, di bawah ini ada 5 aplikasi Augmented Reality yang bisa Anda coba untuk mengetahui apa sih teknologi Augmented Reality (AR) itu?


Aplikasi-Aplikasi Augmented Reality Pada Smartphone

LAYAR

Aplikasi yang pertama ini termasuk salah satu aplikasi dengan menggunakan teknologi Augmented Reality (AR). Aplikasi layar ini termasuk aplikasi yang unik dan kreatif. Fungsi dari aplikasi ini adalah memudahkan untuk para pengguna smartphone Android atau pun yang menggunakan perangkat Google Glass dalam mendapatakan informas sekitarnya dengan mudah dari dunia digital. Cara kerjanya pun sangatlah mudah. Anda cukup mengarahkan kamera smartphone Anda pada sebuah objek seperti majalah, koran, poster, atau pun media iklan lainnya, atau hanya dalam bentuk gambar produk saja. Nah, nantinya aplikasi ini akan membantu Anda untuk mencari informasi atau pun review mengenai produk tersebut. Bahkan untuk para penggemar film aplikasi ini akan sangat membantu, karena bisa langsung mencarikan Anda trailer film yang Anda capture dari sebuah poster saja.

Pada aplikasi ini juga terdapat fitur lainnya yang cukup menarik, yang bernama Geo Layers. Fitur ini sangatlah membantu Anda dalam menemukan tempat-tempat yang dianggap penting seperti ATM, tempat makan (restoran), lokasi bersejarah, dan lokasi-lokasi yang menarik lainnya di sekitar Anda. Aplikasi ini bisa Anda dapatkan langsung dari Google Play Store.


STAR WALK

Bagi Anda yang telah menonton film Star Wars, maka pasti Anda akan berpikir kalau aplikasi ini memang dibuat berdasarkan kisah fisik film tersebut. Saya sendiri pada awalnya berpikir seperti demikian. Karena, aplikasi Star Walk ini memang adalah salah satu aplikasi Augmented Reality yang terbaik untuk Anda gunakan bagi pecinta luar angkasa. Aplikasi ini akan membantu Anda dalam melihat bintang-bintang di luar angkasa sana, dan Anda pun akan lebih interaktif. Cara kerja dari aplikasi ini sangatlah unik dan sepertinya cukup rumit. Karena, aplikasi ini akan mengenali semua bintang yang kita lihat di langit.

Cara kerja dari aplikasi Star Walk ini adalah, Anda cukup mengarahkan kamera Anda ke salah satu bintang yang ingin Anda ketahui informasinya. Lalu sensor pada smartphone Anda pun akan mulai bekerja untuk mengenali letak dari bintang tersebut. Setelah itu aplikasi Star Walk ini akan memberikan Anda informasi mengenai tata letak dari bintang, serta planet yang ada di depan layar smartphone Anda. Aplikasi ini cukup keren untuk menambah pengetahuan Anda mengenai dunia astronomi. Aplikasi ini juga sudah tersedia pada Google Play Store.


ISTAGING

Aplikasi yang telah menggunakan teknologi Augmented Reality selanjutnya bernama iStaging. Awal mula kemunculan dari aplikasi iStaging ini berasal dari sebuah smartphone terbaru dari Lenovo yang bernama Lenovo Phab 2. Smartphone ini memang adalah salah satu smartphone yang dibuat khusus untuk aplikasi-aplikasi Augmented Reality. Dan, sebagai awalnya aplikasi yang bernama iStaging ini pun terpasang di dalam smartphone tersebut dalam bentuk demonya. Namun, saat ini aplikasi iStaging tersebut sudah bisa digunakan pada berbagai smartphone lainnya, baik itu yang menggunakan perangkat Android atau pun iOS.

Aplikasi iStaging ini sangatlah keren untuk Anda yang bekerja pada dunia penataan ruangan. Dengan aplikasi ini, Anda akan bisa dengan mudah menata ruangan-ruangan rumah atau kantor, sebelum meletakkan semua barang. Aplikasi ini akan membantu Anda melihat ruangan Anda yang sebelumnya kosong, dan kemudian di konversi ke dalam bentuk digital yang telah dipenuhi oleh barang-barang yang telah Anda atur rapih. Di dalam aplikasi ini telah diberikan berbagai macama pilihan desain interior ruangan mulai dari meja, kursi, lemari, dan lain sebagainya. Anda bisa meletakkan barang-barang digital tersebut ke ruangan Anda dalam bentuk digital, untuk bisa mendapatkan posisi yang pas sebelum meletakkan barang asli. Jika, Anda masih bingung mengenai cara kerja dari aplikasi ini, maka video di bawah ini bisa Anda saksikan.


INGRESS

Ingress adalah sebuah game yang sudah berteknologi Augmented Reality. Teknologi dari game yang menggabungkan dunai nyata dan dunia digital ini memang sangatlah menarik untuk dimainkan. Lokasi atau map yang ada pada game Ingress ini akan mengambil lokasi sekitar Anda. Jadi, saat Anda berjalan maka karakter Anda pada game tersebut juga akan ikut berjalan sesuai arah jalan Anda. Pada permainan game Ingress ini Anda hanya akan menemukan 2 faksi saja yaitu, Enlightened dan juga Resistance. Dua faksi inilah yang akan terus bersaing untuk berebut wilayah-wilayah kekuasaan. Semakin banyak jumlah wilayah kekuasaan dari salah satu faksi ini maka tentunya game play dari game Ingress ini akan semakin menarik dan terbentuk.

Bermain game Ingress ini tentunya akan mengharuskan Anda untuk berjalan keluar rumah, untuk bisa mengekplorasi daerah atau dunia dari game Ingress ini. Dan, game Ingress inilah yang sepertinya mendapatkan pengembangan hingga menjadi sebuah game yang saat ini sangat diminati yang bernama game Pokemon GO. Karena, game Ingress ini memang masih satu rumah produksi dengan game Pokemon GO, yang bernama Niantic labs.


POKEMON GO

Aplikasi yang terakhir ini tentunya sudah tidak asing lagi bagi para pengguna smartphone saat ini. Aplikasi Augmented Reality (AR) yang berbentuk game ini memang saat ini menjadi trend dan cukup viral di sosial media. Pasalnya, ada banyak sekali pro dan juga kontra mengenai game ini di berbagai negara. Untuk tanah air sendiri, game ini memang belum resmi dirilis, namun telah mendapatkan kecaman dari Kominfo bahwa game ini akan diblokir jika memang cukup membahayakan pemain atau pun negara. Jika Anda ingin mencoba permainan game Pokemon GO ini, maka Anda bisa membaca artikel kami sebelumnya yang berjudul “cara menginstall game Pokemon GO“.

Nah, itulah 5 aplikasi Augmented Reality (AR) yang saat ini menjadi trend pada dunia teknologi.
Bynix
Bynix Saya hanyalah blogger pemula yang ingin sukses didunia blogging

Post a comment for "Inilah 5 Aplikasi Augmented Reality Tercanggih Untuk Smartphone Anda"