Cara Mudah Mengganti Hardisk Netbook Acer Aspire One D270

Cara Mudah Mengganti Hardisk Netbook Acer Aspire One D270
Kupaskomputer.com - Acer Aspire One D270 termasuk ke dalam kategori Netbook, karena ukuran layar yang hanya 10". Namun ukuran tersebut menjadi kelebihan tersendiri. Kecil berarti mudah dibawa dan tidak terlalu berat. Kekurangannya netbook tipe ini adalah kinerjanya yang tidak terlalu tinggi.

Sebelum mengganti hardisk ada baiknya membuka terlebih dahulu keyboard Acer Aspire One D270. Ini dikarenakan untuk membuka penutup bodi belakang Acer Aspire one, kita terlebih dahulu melepaskan beberapa baut pengunci yang berada dibalik keyboard netbook tersebut. Sedikit merepotkan memang, tetapi ketika kita bisa melakukannya, kebahagiaan tersendiri loh hehe.
(baca: cara mudah membuka keyboard acer aspire one d270)

Ingat! sebelum melakukannya berdoa terlebih dahulu ya sob agar semua berjalan mulus seperti yang diharapkan tanpa menambah kerusakan lain akibat kesalahan fatal dari kita sendiri. Kalau masih ragu-ragu ada baiknya jangan dilakukan, atau kalian bisa juga minta di dampingi orang yang lebih ahli dibidangnya. 


Berikut langkah-langkah mengganti hardisk netbook Acer Aspire One D270

1. Langkah pertama adalah melepas terlebih dahulu baterai netbooknya, langkah selanjutnya adalah melepas keyboard (baca: cara mudah membuka keyboard acer aspire one d270). Dan langkah terakhir adalah menyiapkan alatnya yaitu obeng plus ukuran kecil. 


Obeng yang saya pakai
Obeng yang saya pakai
2. Lepas semua baut pengunci pada body netbook. Ada 14 baut yang harus dilepas. Disini ada dua jenis baut, satu panjang dan satunya pendek, yang panjang untuk lubang M2x8 sedangkan yang pendek untuk M2x4, ukurannya berbeda ya sob. 


Gambar 1. Baut yang harus dilepas dan perbedaan baut mx 8 dan mx 4
Gambar 1. Baut yang harus dilepas dan perbedaan baut mx 8 dan mx 4


Gambar 2. Letak baut
Gambar 2. Letak baut
3. Jangan lupa untuk mengumpulkan bautnya ke dalam box untuk menghindari hilangnya baut. Karena setahu saya tidak ada yang menjual baut laptop hehe. Kalau sudah terlepas semua sekarang kita akan mendorong pengunci cover belakang atau penutup body belakang netbook

4. Cari tulisan "Door Release", kemudian dengan bantuan ujung obeng, tekan kedalam secara perlahan sampai cover belakang terlepas. Usahakan menggunakan obeng panjang agar lebih mudah untuk melepaskannya. 


Gambar 3. Mendorong pengunci tutup belakang
Gambar 3. Mendorong pengunci tutup belakang
5. Setelah terbuka cukup gunakan jari-jari dan menarik kearah luar untuk melepasnya (lihat gambar), hati-hati dalam menariknya karena cukup rentan patah, jangan terburu-buru. 

Gambar 4. Melepas tutup belakang Netbook
Gambar 4. Melepas tutup belakang Netbook
6. langkah terakhir adalah melepas hardisk. Caranya dengan mendorong hardisk keluar, kemudian angkat hardisknya, terakhir melepas kabel data yang mengunci hardisk. Dan hardiskpun siap dipasang dengan yang baru


Gambar 5. Melepas hardisk Netbook Acer Aspire D270
Gambar 5. Melepas hardisk Netbook Acer Aspire D270
Sebenarnya tidak terlalu sulit mengganti hardisk netbook acer d270, namun bagian tersulit menurut saya adalah ketika kita mendorong pengunci cover belakang kearah dalam. Terkadang ada sebagian netbook sedikit menyusahkan kita untuk melepasnya. Mungkin ini dikarenakan netbook tersebut tidak pernah dilepas sebelumnya.
Bynix Saya hanyalah blogger pemula yang ingin sukses didunia blogging

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel