Penyebab dan Cara Mengatasi MSI Afterburner tidak ada On Screen Display

MSI Afterburner adalah salah satu aplikasi yang populer digunakan oleh para gamer dan pengguna komputer untuk mengontrol dan memonitor kinerja hardware di dalam sistem. Fitur On-Screen Display (OSD) adalah salah satu fitur terbaik dari aplikasi ini, yang memungkinkan pengguna untuk menampilkan informasi kinerja seperti suhu, penggunaan CPU, dan FPS di dalam game atau aplikasi yang sedang digunakan. Namun, terkadang pengguna mengalami masalah ketika OSD tidak muncul, yang dapat menyebabkan frustrasi dan kebingungan. Dalam artikel ini, kami akan membahas penyebab dan cara mengatasi masalah ini.

MSI Afterburner tidak ada On Screen Display
MSI Afterburner tidak ada On Screen Display

Penyebab

Sebelum membahas cara mengatasi masalah ini, kita harus memahami penyebabnya terlebih dahulu. Ada beberapa penyebab umum mengapa OSD di MSI Afterburner tidak muncul, antara lain:

  1. Pengaturan On-Screen Display tidak diaktifkan: Salah satu penyebab paling umum mengapa OSD tidak muncul adalah karena pengguna tidak mengaktifkan pengaturan OSD pada MSI Afterburner. Ini dapat terjadi jika pengguna baru saja memperbarui aplikasi atau menginstalnya di komputer yang berbeda.
  2. Konflik dengan aplikasi lain: Kadang-kadang, aplikasi lain di komputer pengguna dapat menyebabkan konflik dengan MSI Afterburner, sehingga mencegah OSD muncul.
  3. Versi MSI Afterburner yang tidak cocok: Versi MSI Afterburner yang tidak cocok dengan sistem komputer pengguna juga dapat menyebabkan masalah ini. Ini terutama terjadi jika pengguna menggunakan versi yang lebih lama atau lebih baru dari aplikasi ini.
  4. Driver kartu grafis yang tidak terinstal dengan benar: Driver kartu grafis yang tidak terinstal dengan benar dapat mengakibatkan masalah ini. Ini terutama terjadi jika pengguna baru saja memperbarui driver atau menginstal ulang sistem operasi.

Cara mengatasi:

  1. Periksa pengaturan OSD: Pastikan bahwa fitur OSD MSI Afterburner sudah diaktifkan dan informasi yang ingin ditampilkan sudah dipilih. Untuk melakukannya, buka MSI Afterburner, klik tombol “Settings” di bagian bawah dan pilih tab “Monitoring”. Pastikan bahwa OSD sudah diaktifkan dan informasi yang ingin ditampilkan sudah dipilih.
  2. Nonaktifkan software lain: Jika OSD masih tidak muncul, coba nonaktifkan software lain yang memiliki fitur overlay yang sama dengan MSI Afterburner, seperti GeForce Experience atau Discord.
  3. Perbarui MSI Afterburner: Pastikan bahwa MSI Afterburner yang digunakan adalah versi terbaru. Perbarui MSI Afterburner ke versi terbaru dan restart PC untuk memastikan perubahan sudah berjalan.
  4. Periksa pengaturan tampilan game: Terkadang OSD MSI Afterburner tidak muncul karena pengaturan tampilan game yang salah. Pastikan penggunaan mode layar penuh (fullscreen) dan coba ubah pengaturan tampilan game jika masih mengalami masalah.
  5. Periksa driver grafis: Terakhir, pastikan bahwa driver grafis yang digunakan sudah diperbarui ke versi terbaru. Driver grafis yang lama dapat menyebabkan masalah pada OSD MSI Afterburner.

Table of Contents:

Kesimpulan:

OSD MSI Afterburner adalah fitur yang sangat berguna bagi pengguna PC dan gamer. Namun, terkadang pengguna mengalami masalah di mana OSD tidak muncul. Penyebab masalah tersebut bisa bervariasi dari pengaturan OSD yang salah, konflik dengan software lain, hingga versi MSI Afterburner yang lama. Untuk mengatasi masalah tersebut, pengguna dapat memeriksa pengaturan OSD, nonaktifkan software lain, perbarui MSI Afterburner, periksa pengaturan tampilan game, dan periksa driver grafis.