Cara Mudah Mengecek Ijazah Dikti Secara Online

Ijazah merupakan dokumen penting bagi keperluan dunia pendidikan dan kerja. Namun, di zaman yang serba canggih seperti sekarang, ada orang yang berusaha membohongi orang lain dengan membuat ijazah palsu. Oleh karena itu, penting untuk mengecek keaslian ijazah sebelum digunakan. Pada artikel ini, akan dijelaskan cara mudah untuk cek ijazah agar dapat membedakan mana ijazah asli dan mana ijazah palsu.

Cara Mudah Mengecek Ijazah Dikti Cecara Online
Cara Mudah Mengecek Ijazah Dikti Cecara Online

Ijazah adalah dokumen resmi yang berisi serangkaian nilai yang menunjukkan keahlian dan kepandaiannya. Dokumen ini diperoleh dengan menyelesaikan pendidikan di sekolah formal seperti TK, SD, SMP, SMA, madrasah, atau universitas. Ijazah tidak hanya berisi nilai, tetapi juga informasi penting seperti nama siswa, nomor seri ijazah, tanda sertifikasi, tanda tangan kepala sekolah atau universitas, kode ijazah, dan lain-lain. Ijazah perguruan tinggi atau sekolah teknik memiliki garis Indeks Prestasi Kumulatif (IPK).

Untuk mengecek keaslian ijazah, dapat dilakukan melalui situs online yang tersedia. Berikut langkah-langkah mudah untuk mengecek ijazah:

  1. Buka situs https://pd.data.kemdikbud.go.id/vervalLulusan/ pada browser Kamu.
  2. Pilih jenis ijazah yang ingin Kamu cek keasliannya.
  3. Masukkan nomor seri ijazah yang ingin Kamu cek.
  4. Isi kode keamanan yang tertera di halaman.
  5. Klik tombol “Cari”.

Setelah itu, akan muncul informasi keaslian ijazah. Apabila ijazah tersebut asli, maka akan muncul informasi yang memperjelas asal-muasal ijazah, nomor seri, tanda sertifikasi, dan lain-lain. Namun, apabila ijazah tersebut palsu, maka akan muncul informasi bahwa ijazah tersebut tidak terdaftar.

Dengan mengecek keaslian ijazah, Kamu dapat memastikan bahwa ijazah yang dimiliki asli dan dapat digunakan untuk keperluan dunia pendidikan dan kerja. Jangan mudah tergiur dengan penawaran ijazah palsu yang mungkin lebih murah, karena dapat membahayakan masa depan Karir Kamu. Selalu ingat, ijazah palsu tidak akan membawa Kamu kemana-mana dan dapat merugikan Kamu di kemudian hari.