Mematikan otomatis Windows disk check (Auto CHKDSK)

Windows disk check pada sistem operasi windows 7
Windows disk check pada sistem operasi windows 7


Kupaskomputer.com - CHKDSK atau windows disk check adalah pesan yang ditampilkan disaat komputer pertama kali di hidupkan, dimana komputer kita tidak dimatikan melalui prosedur yang benar. Secara otomatis windows akan melakukan pemeriksaan pada hard disk kita apakah ada file yang korup atau data yang korup. Pada windows XP akan ditampilkan dengan background berwarna biru, dan pada windows 7 dengan background berwarna hitam.

Pesan yang ditampilkan sebagai berikut :

Checking file system on C:The type of the file system is NTFSOne of your disks needs to be checked consistency. You may cancel the disk check, but it is strongly recommended that you continue.To skip disk checking, press any key within 10 seconds (s)
Pesan tersebut bisa kita abaikan dengan menekan tombol sembarangan pada keyboard sebelum 10 detik. Namun akan dilanjutkan apabila kita tidak melakukan tindakan apa-apa pada keyboard. Hal ini akan terjadi lagi setelah kita melakukan restart pada komputer. Karena kita secara tidak langsung menghentikan pemeriksaan disk tersebut.

Tetapi terkadang, setelah kita melakukan Windows Check disk dan ternyata hal yang sama kita temukan. Fitur ini cukup membuat kita kesal bukan? padahal kita sudah menjalankan windows disk check dan mematikan komputer secara normal, namun pesan error tersebut tidak mau hilang?

Pada dasarnya pesan error yang terus tampil disaat booting walaupun sudah dilakukan seperti yang saya jelaskan di awal ini dikarenakan windows mendeteksi adanya shutdown komputer yang tidak benar atau USB Flashdrive dicabut sebelum windows menyelesaikan tugasnya. Secara tidak langsung windows akan menandai drive tersebut sebagai drive yang bermasalah dan memaksa windows untuk melakukan pemeriksaan disk.

Salah satu cara termudah untuk melihat drive yang ditandai sebagai drive yang bermasalah dan membutuhkan pemeriksaan disk secara otomatis pada saat booting adalah dengan menjalankan perintah "fsutil dirty query C:" pada command prompt. Apabila ternyata hasil yang didapatkan drive C tidak bermasalah (dirty), windows disk check tidak akan memeriksa drive tersebut.

Untuk menjalankan perintah yang saya sebutkan diatas, khusus windows 7, kita harus membuka command prompt dan menjalankannya sebagai administrator (run as administrator). Klik start>All Programs>Accessories. Cari command prompt, kemudian klik kanan "Run as administrator" dan klik "yes" apabila ada konfirmasi. Ketikan perintah "fsutil dirty query C:" tanpa tanda petik dan tekan enter. Hasilnya seperti terlihat dibawah ini.


Hasil perintah fsutil di command prompt
Hasil perintah fsutil di command prompt


Berikut cara mematikan Auto CHKDSK pada windows

1. Buka kembali Command prompt, kemudian ketikan perintah "chkntfs /x c:" tanpa tanda petik dan kemudian dilanjutkan enter. Maksud dari perintah ini adalah mengabaikan Windows disk check pada drive C disaat booting, walaupun kita tidak mematikan komputer dengan benar.

Hasil perintah "chkntfs /x c:" pada command prompt
Hasil perintah "chkntfs /x c:" pada command prompt
2. Untuk mengabaikan seluruh drive yang ada di komputer, buka kembali command prompt, dan kettikan perintah "chkntfs /x c: d:" tanpa tanda petik dan tekan enter. Perintah ini berarti mengabaikan pemeriksaan drive c dan juga drive d. Harap di ingat, apabila kita memiliki drive lebih dari dua,cukup ditambahkan di belakangnya saja. Ambil contoh "chkntfs /x c: d: e: f:"

Hasil perintah "chkntfs /x c: d:" pada command prompt
Hasil perintah "chkntfs /x c: d:" pada command prompt

Note :

Cara ini sebenarnya tidak di anjurkan, karena secara tidak langsung kita mengabaikan pesan error apabila harddisk kita bermasalah. Namun pada dasarnya, kita bisa mengetahui kerusakan harddisk dari merasakan kinerja komputer kita. Atau bisa melakukan pemeriksaan berkala menggunakan software.
(baca: cara mengetahui kesehatan harddisk)

Ingat, hal ini dilakukan apabila windows kita terus melakukan pemeriksaan pada harddisk. Namun apabila Windows disk check muncul hanya ketika kita tidak mematikan komputer dengan benar karena faktor padamnya PLN secara tiba-tiba, ada baiknya tidak melakukan modifikasi terhadap sistem windows.

Semoga artikel "mematikan otomatis windows disk check disaat booting (Auto CHKDSK)" bisa memberikan manfaat yang berarti. Kritik dan saran yang membangun sangat saya harapkan demi kemajuan blog ini.
Bynix
Bynix Saya hanyalah blogger pemula yang ingin sukses didunia blogging