Begini Kondisi Pilot Susi Air yang Disandera KKB

Kelompok kriminal bersenjata (KKB) di Papua kembali membuat geger dengan merilis foto dan video terbaru tentang kondisi pilot Susi Air, Philip Mark Mahrtens yang disandera sejak awal Februari 2023 lalu. Dalam foto dan video yang dirilis tersebut, terlihat pilot asal Selandia Baru tersebut berada di antara puluhan pasukan KKB yang membawa senjata api dan panah.

Begini Kondisi Pilot Susi Air yang Disandera KKB

Hingga saat ini, posisi sandera tersebut belum bisa dipastikan oleh pihak keamanan. Komandan Satgas Damai Cartenz, Kombes Faizal Rahmadani, mengungkapkan bahwa KKB senantiasa membawa sandera berpindah-pindah, dan diduga tidak bersama Egianus Kogoya, pimpinan KKB tersebut.

Satgas Damai Cartenz masih terus melakukan pencarian tanpa batas waktu untuk membebaskan Philip Mark Mahrtens. Sandera tersebut disandera sejak tanggal 7 Pebruari lalu sesaat setelah mendarat di lapangan terbang Paro, Kabupaten Nduga. KKB juga membakar pesawat Susi Air yang ditumpangi oleh Philip Mark Mahrtens.

Kombes Faizal mengatakan bahwa tidak ada batas waktu untuk membebaskan sandera karena semuanya harus matang guna meminimalisasi jatuhnya korban, baik di masyarakat maupun aparat keamanan. Meskipun begitu, Dan Satgas Damai Cartenz mengaku tidak ada penambahan personel dalam pencarian terhadap Philip Mark Mahrtens. Pencarian terhadap pilot tersebut terus dilakukan dan diperluas, termasuk dilakukan di Kabupaten Lanny Jayapura.

Kondisi Philip Mark Mahrtens yang disandera oleh KKB menjadi keprihatinan banyak pihak. Semoga pencarian yang dilakukan oleh Satgas Damai Cartenz dapat segera membuahkan hasil sehingga Philip Mark Mahrtens dapat segera kembali ke keluarganya. Kita semua berharap agar Papua dapat terbebas dari segala bentuk tindakan kriminal dan kekerasan yang dilakukan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab.