YouTube Menghapus Overlay-Ads

YouTube, salah satu platform streaming video terbesar di dunia, bergantung pada bisnis periklanan digital sebagai sumber penghasilan perusahaannya. Dalam satu dekade terakhir, bisnis periklanan di YouTube terus berkembang dengan berbagai jenis iklan yang ditampilkan. Namun, iklan berlapis-lapis yang kerap mengganggu pengguna membuat platform streaming video ini dianggap kurang nyaman bagi sebagian besar pengguna.

YouTube Menghapus Overlay-Ads
YouTube Menghapus Overlay-Ads

Salah satu jenis iklan yang paling mengganggu adalah overlay-ads. Iklan overlay-ads ini biasanya tampil pada bagian atas dan bawah video yang sedang diputar. Iklan overlay-ads ini biasa ditemukan di YouTube yang diakses melalui browser desktop (laptop/PC).

YouTube akhirnya memutuskan untuk menghapus iklan overlay-ads di platform. Menurut Google Support, penghapusan overlay-ads akan diberlakukan mulai tanggal 6 April 2023. Overlay-ads juga tidak akan lagi tersedia sebagai opsi di YouTube Studio.

Penghapusan overlay-ads di browser desktop ini dilakukan setelah penghapusan di platform mobile. YouTube sudah menghapus overlay-ads di platform mobile beberapa waktu lalu dan tak ada keluhan dari pengguna maupun pengiklan.

Apa dampak dari penghapusan overlay-ads ini bagi pengguna? Penghapusan overlay-ads tentunya akan membuat pengalaman pengguna lebih nyaman, terutama bagi pengguna yang sering menggunakan YouTube di browser desktop.

Hal ini juga berarti bahwa pengiklan akan kehilangan satu opsi iklan di YouTube. Namun, YouTube kemungkinan akan mengganti overlay-ads dengan format iklan jenis lainnya yang lebih nyaman bagi pengguna. Pihak YouTube dan Google masih belum memberi informasi seputar jenis iklan penggantinya.

Kemungkinan, semua iklan akan berfokus pada iklan sebelum video diputar, pertengahan, dan sesudah pemutaran. Hal ini akan memungkinkan pengguna YouTube untuk menikmati konten video tanpa harus dihadapkan pada iklan yang mengganggu.

Penghapusan overlay-ads juga dapat berdampak pada pendapatan pengiklan di YouTube. Dengan opsi iklan yang berkurang, pengiklan akan membutuhkan strategi iklan yang lebih efektif dan efisien untuk mempromosikan produk atau layanan mereka.

Penghapusan overlay-ads di YouTube adalah langkah yang tepat untuk membuat pengalaman pengguna lebih nyaman. Namun, ini juga berarti bahwa pengiklan harus menyesuaikan strategi iklan mereka agar tetap efektif dan menghasilkan pendapatan yang baik di platform streaming video ini.