Tips Memilih Charger Smartphone yang Tepat Agar Baterai Awet

Ketahanan baterai pada smartphone sangat penting bagi pengguna, apalagi bagi mereka yang sering bepergian dan tidak selalu bisa mengisi daya baterai kapan saja. Charger yang berkualitas dan tepat menjadi komponen penting dalam menjaga ketahanan baterai pada sebuah smartphone.

Tips Memilih Charger Smartphone yang Tepat Agar Baterai Awet
Tips Memilih Charger Smartphone yang Tepat Agar Baterai Awet

Pemakaian charger yang tidak tepat akan sangat berpengaruh pada kualitas dan ketahanan baterai smartphone. Maka dari itu, kita perlu teliti dan benar-benar paham akan kualitas sebuah charger yang akan kita pakai.

Beberapa merek smartphone mungkin sudah disertai charger bawaan pada saat pembelian. Namun, entah karena berbagai alasan, kita terkadang tetap harus membeli charger lagi. Begitu banyak charger yang beredar di pasaran membuat kita bingung manakah charger yang tepat.

Jika merek smartphone menyediakan charger after market, maka tidak perlu susah mencari informasi mengenai charger lagi, tinggal membelinya di store smartphone tersebut. Namun, bagaimana kalau merek smartphone mu tidak menjual charger terpisah? Berikut beberapa tips mencari charger yang baik dan tepat:

1. Membeli di store online terpercaya

Pilih store yang sudah terverifikasi. Perhatikan ulasan dan rating seller di e-commerce, apakah mendapat respon baik dan rating tinggi dari customer yang telah membeli barang yang kita cari. Jika terdapat store fisik di kotamu, lebih baik cek langsung ke lokasi.

2. Memperhatikan tegangan charger

Kita perlu paham betul seberapa kapasitas daya charger yang akan kita gunakan. Perhatikan daya pengisian diukur menurut tiga hal: daya/power (P) diukur dalam watt, arus (I) dalam ukuran amp/milimeter, dan tegangan (V) dalam ukuran volt. P = IV. Sesuaikan dengan smartphone yang kamu pakai.

3. Memperhatikan spesifikasi baterai smartphone yang dipakai

Seluruh opsi sebelumnya masih perlu kamu sesuaikan dengan berapa ampere yang dapat dikeluarkan oleh charger tersebut. Sebaiknya pilih pengisi daya yang menghasilkan arus listrik sesuai dengan yang tertera di baterai smartphone milikmu. Misal smartphonemu mampu menerima arus listrik 2 ampere, maka sebisa mungkin gunakan charger dengan arus 2 ampere, jangan lebih. Demikian juga dengan besaran ampere baterai ponsel lainnya, harus disesuaikan dengan pengisi daya yang hendak digunakan. Jika terlalu tinggi dapat membuat smartphone-mu menjadi mudah panas dan mengakibatkan kerusakan.

4. Memakai charger merek sebelah

Charger smartphone merek sebelah dapat menjadi opsi yang original kalau cocok dengan smartphone-mu. Daripada membeli charger asal murah namun tidak berkualitas, opsi ini lebih dianjurkan. Alasannya pengisi daya dari merek lain sudah melalui berbagai tahapan verifikasi semestinya sudah dipastikan aman.