Tiket Kereta Mudik H-10 dan H-1 Lebaran 2023 Sudah Mulai Dijual

Kereta Api Indonesia (KAI) mengumumkan bahwa tiket mudik Lebaran 2023 untuk keberangkatan hingga H-1 atau jadwal perjalanan hingga 21 April 2023 dapat dipesan mulai hari ini melalui aplikasi KAI Access, situs web kai.id, dan seluruh channel resmi penjualan tiket KAI lainnya.

Tiket Kereta Mudik H-10 dan H-1 Lebaran 2023 Sudah Mulai Dijual
Tiket Kereta Mudik H-10 dan H-1 Lebaran 2023

KAI memberlakukan kebijakan pembelian tiket oleh masyarakat bisa dilakukan mulai 45 hari sebelum jadwal keberangkatan KA (H-45). Jadi, terhitung mulai 26 Februari 2023, pelanggan sudah bisa membeli tiket KA keberangkatan awal dari Stasiun Gambir dan Pasar Senen untuk jadwal berangkat 12 sampai dengan 21 April 2023 atau H-10 sampai dengan H-1 lebaran.

Sementara itu, jadwal keberangkatan selanjutnya dapat dipesan sesuai kebijakan pemesanan tiket yang mulai dijual 45 hari sebelum jadwal keberangkatan KA (H-45). Saat ini, terdapat ketersediaan tempat duduk sekitar 313.526 untuk jadwal keberangkatan 10 hari pra lebaran yakni tanggal 12 -21 April (H-10 sampai H-1). Namun, jumlah pemesanan tiket dan ketersediaan tempat duduk masih bisa berubah karena penjualan masih berlangsung, dan KAI akan menjalankan program KA tambahan.

Mayoritas pemesanan dilakukan untuk jadwal keberangkatan H-4 hingga H-1 atau tanggal 18-21 April 2023. Okupansi di beberapa KA pada tanggal tersebut ada yang sudah mencapai 90 persen per KA untuk keberangkatan dari Stasiun Gambir dan Pasar Senen. Terdapat sejumlah tujuan favorit untuk KA yang berangkat dari area Daop 1 Jakarta, di antaranya Yogyakarta, Kutoarjo, Purwokerto, Surabaya Pasar Turi, Semarang, Tegal, Kebumen, dan Kroya.

KAI Daop 1 Jakarta mengingatkan pengguna jasa agar memperhatikan aturan vaksin terbaru yang berlaku saat ini khususnya aturan pada usia anak 6-12 tahun. Anak pada usia tersebut tetap bisa naik kereta api dengan syarat memiliki surat keterangan belum mendapatkan vaksinasi dari puskesmas/fasilitas pelayanan kesehatan dengan alasan tertentu, atau harus didampingi oleh orang dewasa yang telah mendapatkan vaksinasi booster. KAI akan menyosialisasikan kembali jika sewaktu-waktu terdapat perubahan aturan vaksin dari pemerintah.

Bagi Anda yang merencanakan perjalanan mudik lebaran tahun ini dengan KA jarak jauh, pastikan untuk terus memperbarui informasi tentang jadwal dan aturan terbaru melalui aplikasi KAI Access atau media informasi resmi PT KAI (Persero). Selamat mudik dan selamat berlibur!