Telkomsel Siapkan Infrastruktur 5G Bertahap di Indonesia pada 2023

Telkomsel, operator seluler terbesar di Indonesia, telah mengambil posisi untuk membangun jaringan 5G secara bertahap pada tahun 2023. Hendri Mulya Syam, Direktur Utama Telkomsel, menjelaskan bahwa perusahaan akan membangun infrastruktur internet mobile 5G secara terukur dan bertahap, dengan prioritas untuk meningkatkan kapasitas jaringan di area padat jika jaringan 4G sudah tidak mampu menangani trafik.

Telkomsel Siapkan Infrastruktur 5G Bertahap di Indonesia pada 2023
Telkomsel Siapkan Infrastruktur 5G Bertahap di Indonesia

Saat ini, jaringan 4G LTE Telkomsel sudah bisa melayani kebutuhan download dan upload video streaming, yang merupakan aktivitas yang paling menyedot kuota data dalam jumlah besar. Telkomsel juga telah membangun infrastruktur pemancar sinyal yang rapat di area dengan trafik tinggi, sehingga jaringan 4G LTE masih dapat melayani kebutuhan data pelanggan di wilayah padat penduduk.

Namun, jaringan 5G akan dikerahkan untuk memperkuat kapasitas jaringan jika load trafik 4G sudah kewalahan melayani pelanggan di area tersebut. Telkomsel juga terus menjalin kemitraan dengan penyedia jaringan macam Ericsson, Huawei, dan ZTE, untuk melakukan penelitian, uji coba, hingga implementasi teknologi baru 5G di level consumer dan corporate.

Meskipun Telkomsel belum secara agresif membangun jaringan 5G di Indonesia pada tahun 2023, perusahaan ini masih tertarik untuk mendapatkan frekuensi 700 MHz yang akan mengalami kekosongan pemanfaatan sumber daya setelah Kementerian Komunikasi dan Informatika mematikan teknologi TV analog dan sepenuhnya beralih ke TV digital. Jika kelak ASO tuntas, maka ada lebar pita 176 MHz yang bebas dan bisa dimanfaatkan operator seluler untuk memperkuat internet mobile.

Hendri Mulya Syam sangat mempertimbangkan faktor biaya untuk sewa frekuensi dan kebutuhan pasar atas frekuensi itu sebelum memutuskan apakah Telkomsel akan mendapatkan frekuensi 700 MHz. “Nanti kita lihat uji kelayakannya bagaimana,” kata Hendri saat berbincang dengan kumparanTECH di sela acara MWC 2023 di Barcelona, Spanyol, akhir Februari 2023.

Kominfo di bawah kepemimpinan Menteri Johnny G. Plate telah memutuskan untuk menjadikan jaringan 4G LTE sebagai backbone internet nasional yang ditargetkan bisa mendorong perekonomian. Meskipun begitu, Telkomsel telah menggelar 5G di beberapa gerai GraPari Telkomsel, kawasan residensial Jakbodetabek di Kelapa Gading, BSD, PIK, Alam Sutera, Widya Candra, Pasar Minggu, Balaikota Solo, Pakuwon Residential Surabaya, hingga Balikpapan Kaltim.

Dalam menyambut era 5G, Telkomsel membangun infrastruktur 5G secara bertahap dan terukur untuk mengoptimalkan konektivitas jaringan internet mereka.