Telkomsel: Operator Pertama Jaringan 5G di Indonesia

Indonesia kini menjadi negara di Asia Tenggara yang mulai merambah ke jaringan 5G. Telkomsel, sebagai salah satu operator seluler terbesar di Indonesia, telah secara resmi memperoleh izin dari pemerintah Indonesia untuk menggelar layanan 5G. Hal ini menunjukkan Telkomsel telah siap menghadirkan teknologi terbaru bagi pelanggan setianya.

Telkomsel: Operator Pertama Jaringan 5G di Indonesia
Telkomsel: Operator Pertama Jaringan 5G di Indonesia

Apa itu Jaringan 5G?

Jaringan 5G merupakan teknologi seluler terbaru yang merupakan evolusi dari teknologi 4G LTE. Dalam teorinya, teknologi 5G memiliki kecepatan download hingga 400Mbps untuk Orbit dan hingga 750Mbps untuk mobile. Selain itu, teknologi 5G juga menawarkan latency lebih rendah, serta jumlah connection density (kerapatan koneksi) lebih banyak dari 4G.

Namun, perlu dicatat bahwa kecepatan dan kualitas jaringan 5G tergantung pada beberapa faktor, seperti kualitas sinyal di lokasi pelanggan, kapabilitas perangkat 5G yang digunakan, dan kepadatan pelanggan 5G di lokasi tersebut.

Bagaimana Cara Menikmati Layanan Telkomsel 5G?

Untuk dapat menikmati layanan 5G, pelanggan harus memenuhi beberapa persyaratan, antara lain nomor telah mengaktifkan layanan 5G, smartphone yang mendukung jaringan Telkomsel 5G, dan lokasi sudah tercakup jaringan 5G. Pelanggan dapat menggunakan SIM card lama dengan tipe USIM.

Saat ini, profil 5G telah aktif untuk sejumlah pelanggan. Pelanggan dapat mengunjungi tsel.me/5G untuk mendapatkan informasi terbaru mengenai Telkomsel 5G. Pelanggan dapat menggunakan kuota internet yang ada seperti biasa selama seluruh prasyarat 5G telah terpenuhi (fitur 5G telah aktif, perangkat 5G, SIM card, dan lokasi).

Namun, untuk pelanggan yang tidak ingin menggunakan layanan 5G, bisa mengajukan deaktivasi profil 5G melalui Call Center 188.

Bagaimana dengan Jaringan 4G?

Kehadiran jaringan 5G tidak mempengaruhi kecepatan jaringan 4G. Pelanggan tetap dapat melakukan telepon, SMS, dan VoLTE dengan perbedaan antara VoLTE dan 5G. Namun, perlu diingat bahwa konsumsi baterai tidak dipengaruhi terhadap jenis jaringan yang didapat (3G/4G/5G), tapi kualitas jaringan di lokasi pelanggan dan aktifitas penggunaan smartphone.

Feedback dari pelanggan akan menjadi pertimbangan Telkomsel untuk terus mengembangkan jangkauan Telkomsel 5G dan menjangkau lebih banyak pelanggan di Indonesia dengan pengalaman 5G terbaik.