Telkomsel dan Microsoft Kolaborasi Integrasikan AI

Telkomsel dan Microsoft telah menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) untuk mengintegrasikan Microsoft Azure Artificial Intelligence (AI) ke dalam platform marketing Telkomsel. Hal ini bertujuan untuk menciptakan pengalaman yang lebih personal bagi pelanggan Telkomsel. Integrasi ini dibahas lebih lanjut di Barcelona pada Mobile World Congress 2023 dan menandai keberlanjutan peta jalan transformasi digital Telkomsel sebagai perusahaan telekomunikasi digital terdepan di Indonesia.

Telkomsel dan Microsoft Kolaborasi Integrasikan AI
Telkomsel dan Microsoft Kolaborasi Integrasikan AI

Teknologi AI saat ini telah berkembang pesat dan mampu mengubah cara bisnis beroperasi di berbagai industri. Dengan kolaborasi bersama Microsoft, Telkomsel bertujuan untuk meningkatkan customer engagement dan kepuasan pelanggan melalui integrasi platform marketing Telkomsel dengan Microsoft Azure AI. Teknologi ini dapat menganalisis data insight dan memberikan pengalaman yang lebih personal bagi pelanggan.

Direktur Marketing Telkomsel, Derrick Heng menyatakan rasa senang atas kolaborasi ini. “Melalui kolaborasi ini, kami dapat memberikan pengalaman yang lebih personal, efisien, dan terbaik bagi pelanggan dalam menikmati berbagai aktivitas gaya hidup digitalnya,” ujarnya. Sementara itu, Presiden Direktur Microsoft Indonesia, Dharma Simorangkir juga mengatakan bahwa pihaknya senang dapat melanjutkan hubungan jangka panjang dengan Telkomsel dalam mengakselerasi dan meningkatkan transformasi digital di Indonesia.

Melalui integrasi ini, Telkomsel akan berkolaborasi dengan Microsoft untuk bersama-sama menentukan proses end-to-end dalam meningkatkan dan mengembangkan platform marketing Telkomsel. Hal ini dilakukan dengan menggabungkan Natural Language Processing yang dapat menganalisis data serta menghasilkan insight yang membantu mengoptimalkan strategi bisnis secara efektif. Telkomsel juga akan menggunakan algoritma machine learning Azure AI untuk menganalisis data insight, natural language processing untuk bisa memahami interaksi dan sentimen pelanggan lebih baik, dan analitik prediktif untuk mengantisipasi perilaku di masa depan.

Teknologi ini memungkinkan Telkomsel untuk menciptakan produk maupun layanan yang lebih personal sesuai dengan kebutuhan dan preferensi unik setiap pelanggan. “Telkomsel berkomitmen untuk menerapkan teknologi terkini dalam menghadirkan pengalaman terbaik bagi pelanggan. Telkomsel akan terus melakukan eksplorasi, uji coba, dan pengembangan inovasi teknologi terkini untuk menghadirkan layanan digital serta pengalaman terbaik melalui solusi layanan yang lebih komprehensif dan sesuai dengan kebutuhan pelanggan,” tutup Derrick.

Kolaborasi antara Telkomsel dan Microsoft ini merupakan salah satu upaya terbaru dalam transformasi digital yang sedang berlangsung di Indonesia. Diharapkan dengan adanya teknologi AI yang lebih terintegrasi, perusahaan dapat memberikan pengalaman pelanggan yang lebih baik dan mempercepat kemajuan industri serta bangsa.