Spotify Rilis Fitur Interaktif ala TikTok, Instagram, dan YouTube

Spotify, aplikasi streaming musik terbesar di dunia, telah merilis tampilan antarmuka baru untuk pengguna Android dan iPhone di seluruh dunia. Pembaruan ini diluncurkan secara bertahap, sehingga tidak semua pengguna langsung bisa menggunakannya.

Spotify Rilis Fitur Interaktif ala TikTok, Instagram, dan YouTube

Tampilan baru Spotify ini terinspirasi dari tiga platform populer lainnya, yakni TikTok, Instagram, dan YouTube. Dengan tampilan baru ini, pengguna akan dapat melihat rekomendasi musik dengan menunjukkan cuplikan video seperti layaknya TikTok. Konten yang direkomendasikan oleh algoritma Spotify bisa di-browsing dengan scroll layar ke bawah, mirip seperti halaman For Your Page (FYP) TikTok.

Setiap konten musik akan menampilkan cuplikan musik video (MV). Jika ada lebih dari satu video, pengguna dapat mengetuk seperti di Instagram Story. Dengan demikian, pengalaman mendengarkan musik di Spotify akan menjadi lebih interaktif dan menarik.

Menurut pernyataan resmi Spotify, tampilan baru ini diluncurkan untuk memperlihatkan konten lagu dari musisi di aplikasi menjadi lebih ‘interaktif’. Selain itu, tampilan baru ini juga bertujuan untuk menyatukan musik, podcast, dan audiobook. Aplikasi akan menampilkan cover album di bagian atas feed, sementara podcast atau video musik yang diputar otomatis akan muncul tepat di bawahnya.

Pengguna dapat memilih video atau podcast yang mereka sukai dan akan dibawa ke halaman konten (lagu, playlist, atau podcast) yang sesuai. Hal ini bertujuan untuk memberikan pengalaman personalisasi yang lebih baik bagi para pengguna Spotify.

“Saat kami melihat ke masa depan, kami bersemangat untuk memperluas ambisi tersebut ke lebih banyak kreator di seluruh format baru,” jelas Ek di rilis perusahaan.

“Kami memungkinkan lebih banyak kreativitas, penemuan, dan personalisasi daripada sebelumnya dengan menyediakan sumber daya, dukungan, dan interaktivitas terbaik.”

Tampilan baru ini memengaruhi cara Spotify menyajikan konten, baik lagu, podcast, dan audiobook. Bagi yang tidak familiar, Spotify juga menyediakan audiobook, tapi fitur ini baru tersedia di beberapa negara berbahasa Inggris.

Dengan tampilan antarmuka baru yang lebih interaktif dan menarik, Spotify berharap dapat terus memberikan pengalaman terbaik bagi para penggunanya. Semoga dengan pembaruan ini, Spotify dapat terus meraih kesuksesan di industri streaming musik global.