Pembangunan Sirkuit MXGP Lombok Dimulai Bulan Ini

Pembangunan Sirkuit Motocross Grand Prix (MXGP) Lombok akan segera dimulai pada bulan Maret ini di eks Bandara Selaparang, Kota Mataram. Dr. Lalu Herman Mahaputra, Komandan Lapangan MXGP Lombok, mengatakan bahwa pihak SEG sebagai penyelenggara akan menyiapkan segala sesuatunya untuk memulai pembangunan tersebut.

Pembangunan Sirkuit MXGP Lombok Dimulai Bulan Ini
Pembangunan Sirkuit MXGP Lombok Dimulai Bulan Ini

Sebelumnya, MXGP Lombok direncanakan akan berada di wilayah Tohpati, Kota Mataram. Namun, Infront Moto Racing sebagai penyelenggara utama meminta lahan yang lebih luas. Oleh karena itu, rencana dipindahkannya MXGP Lombok ke eks Bandara Selaparang diputuskan.

Pembangunan sirkuit di eks Bandara Selaparang akan melibatkan penuh Samota Endurance Gemilang (SEG) sebagai penyelenggara lokal untuk MXGP Lombok dan Sumbawa. Dr. Lalu Herman Mahaputra juga menyebutkan bahwa beberapa venue yang ditawarkan ke Infront Moto Racing antara lain Lantan dan Mandalika di Lombok Tengah serta eks Bandara Selaparang dan Tohpati di Kota Mataram.

Sirkuit Tohpati yang sebelumnya ditawarkan sebagai venue MXGP Lombok dinilai tidak memenuhi persyaratan Infront Moto Racing karena luasan lahan yang tidak mencukupi. Sirkuit Tohpati akan tetap digunakan untuk kejuaraan nasional (Kejurnas) maupun kejuaraan daerah (Kejurda) untuk motocross. Selain itu, sirkuit tersebut juga akan dijadikan sebagai kawasan otomotif untuk Provinsi NTB.

Gubernur NTB Zulkieflimansyah mengatakan bahwa struktur tanah di Sirkuit Tohpati tidak cocok untuk dijadikan venue balapan MXGP. Oleh karena itu, Infront memutuskan agar MXGP Lombok digelar di eks Bandara Selaparang. Persetujuan dari Kementerian BUMN sebagai induk dari PT Angkasa Pura, pemilik dari eks Bandara Selaparang juga diperlukan untuk digunakan sebagai venue MXGP Lombok.

Setelah Infront memutuskan dua seri MXGP digelar di Pulau Sumbawa dan Lombok, panitia daerah telah memproses izin agar eks Bandara Selaparang bisa digunakan untuk MXGP Lombok. Pihak Angkasa Pura telah memberikan persetujuan secara lisan terkait eks Bandara Selaparang sebagai venue MXGP Lombok. Sehingga, Gubernur NTB Zulkieflimansyah memastikan bahwa MXGP Lombok akan digelar di eks Bandara Selaparang.