Massa Buruh Tolak Perppu Cipta Kerja di Depan DPR

Pada Senin, 13 Maret 2023, massa buruh kembali memadati gerbang depan DPR di Jalan Gatot Subroto, Jakarta. Mereka membawa bendera Partai Buruh dan berdemo menolak Perppu Cipta Kerja yang akan disahkan menjadi UU dalam sidang paripurna.

Massa Buruh Tolak Perppu Cipta Kerja di Depan DPR

Perppu Cipta Kerja telah disetujui untuk dibawa ke rapat paripurna DPR beberapa waktu lalu. Namun, massa buruh yang merasa terancam dengan kebijakan tersebut tak tinggal diam. Pantauan kumparan menunjukkan bahwa massa memadati gerbang depan DPR sekitar pukul 12.30 WIB. Mereka datang dengan membawa empat truk komando.

Meskipun massa tidak sampai tumpah menutupi jalan, jalanan depan DPR tidak ditutup sehingga lalu lintas terpantau padat merayap.

Di atas salah satu truk komando, seorang orator mengatakan, “Kami akan mogok nasional demi tuntutan kita. Hidup buruh, Partai Buruh!” Ia juga menambahkan, “Hari ini, besok kami akan terus demonstrasi sampai UU Omnibus Law Cipta Kerja lenyap.”

Selain menolak Perppu Cipta Kerja, buruh juga membawa tiga tuntutan lainnya dalam aksi hari ini. Keempat tuntutan buruh tersebut adalah sebagai berikut:

  1. Tolak Pengesahan Omnibus Law UU Cipta Kerja;
  2. Sahkan RUU PPRT;
  3. Tolak RUU Kesehatan;
  4. Audit Forensik Penerimaan Pajak Negara-Copot Dirjen Pajak.

Dalam aksi ini, massa buruh menunjukkan ketegasannya dalam menolak Perppu Cipta Kerja dan memperjuangkan hak-haknya sebagai buruh. Namun, tentu saja, segala bentuk aksi harus dilakukan dengan damai dan menghargai hak orang lain. Semoga ada jalan keluar yang baik bagi kepentingan semua pihak.