Mahasiswa Poltekbos Ciptakan Robot Cerdas Terkontrol dari HP

Teknik Mekatronika Politeknik Bosowa (Poltekbos) kembali mengadakan kegiatan yang bermanfaat untuk siswa SMKN 1 Gowa. Pelatihan Robotika Berbasis Android diadakan pada Rabu, 8 Maret 2023, dengan fokus pada sistem pengontrolan jarak jauh menggunakan arduino dan komunikasi bluetooth. Kegiatan ini bertujuan memberikan pengetahuan tentang cara merakit robot sederhana kepada para siswa.

Mahasiswa Poltekbos Ciptakan Robot Cerdas Terkontrol dari HP
Mahasiswa Poltekbos Ciptakan Robot Cerdas Terkontrol dari HP

Sebanyak 40 siswa dilatih untuk membuat sistem komunikasi dalam mengendalikan robot menggunakan aplikasi APP Inventor. Selanjutnya, siswa membuat user interface dengan membuat tampilan tombol kontrol yang akan dihubungkan dengan robot yang telah tersedia. Pembuatan robotika meliputi hardware badan robot, software pengendalian pergerakan robot dan proses komunikasi untuk pengendalian robot jarak jauh menggunakan wireless. Robot ini juga dilengkapi dengan aplikasi Internet of Things (IoT).

Sesi selanjutnya, siswa diarahkan untuk menjalankan program aplikasi untuk dihubungkan ke robot yang tersedia. Sehingga robot yang telah terkoneksi dapat dikendalikan melalui tombol navigasi pada handphone.

Menurut Ketua Program Studi Teknik Mekatronika, Andi Fitriati, saat ini masyarakat semakin banyak paham akan teknologi robotika. Pengembangan robot cerdas pun digodok untuk membantu masyarakat. “Kita harap pelatihan dapat memicu semangat siswa penerus generasi Indonesia agar dapat berpartisipasi dalam mengembangkan dan menjadi pembuat Robot Cerdas yang dapat bermanfaat bagi masyarakat Indonesia,” jelas Andi Fitriati.

Belajar robotika dapat mempersiapkan anak untuk menjadi tenaga kerja yang kompetitif di masa depan, menurut Dosen Teknik Mekatronika, Fauziah. “Robotika memungkinkan anak-anak untuk bekerja pada keterampilan hidup dan keterampilan sosial mereka serta akan membantu anak untuk lebih menonjol dari orang lain di masa depan,” jelas Fauziah.

Poltekbos berkomitmen untuk terus mengembangkan robot cerdas dan inovasi berbasis aplikasi untuk memudahkan pengendalian robot. Kegiatan pelatihan seperti ini akan terus dilakukan untuk membantu siswa mempersiapkan diri mereka untuk masa depan yang lebih baik.

Selain itu, bagi masyarakat yang ingin mengenal lebih jauh tentang teknologi robotika, pelatihan seperti ini juga dapat diikuti. Dengan mengikuti pelatihan ini, masyarakat dapat memperluas wawasan mereka tentang teknologi robotika dan dapat memanfaatkannya untuk membantu membangun masa depan yang lebih baik.

Bagi para siswa yang ingin mengembangkan diri di bidang teknologi robotika, mereka dapat mengikuti program studi Teknik Mekatronika di Poltekbos. Program studi ini akan memberikan pengetahuan dan keterampilan yang dibutuhkan untuk menjadi ahli di bidang teknologi robotika.

Dengan semangat dan kemampuan yang dimiliki oleh para siswa, Indonesia dapat terus mengembangkan teknologi robotika yang dapat bermanfaat bagi masyarakat.