Keluhkan Racing Line Sirkuit Mandalika, MGPA Buka Suara

Pembalap Aruba.it Racing Ducati, Alvaro Bautista, memberikan komentar terkait kondisi sirkuit setelah mengikuti WorldSBK Mandalika 2023. Bautista mengatakan bahwa racing line di Sirkuit Mandalika belum memuaskannya karena hanya memiliki lebar sekitar 70 cm. Hal ini disampaikan oleh Bautista dalam konferensi pers yang dilakukan bersama dengan TribunLombok.com pada Minggu (05/03/2023).

Keluhkan Racing Line Sirkuit Mandalika, MGPA Buka Suara

Bautista juga menyarankan agar pengelola sirkuit menambah jumlah ajang balap motor di Mandalika untuk membentuk racing lane yang lebih baik. Namun, ia juga mengingatkan bahwa jalur yang dibentuk untuk mobil tidak sama dengan jalur untuk motor. Direktur Utama Mandalika Grand Prix Association (MGPA), Priandhi Satria, mengakui perbedaan tersebut. Priandhi juga mengatakan bahwa MGPA sudah mengetahui cara kerja racing line yang tidak dapat dibentuk dengan track day.

Masukan dari para pembalap mengenai kondisi aspal lintasan di Sirkuit Mandalika telah dibawa ke rapat bersama dengan pemilik event, Dorna, dan regulator, FIM. Priandhi mengikuti keinginan mereka dan menegaskan bahwa pembersihan pada area tack Sirkuit Mandalika hanya perlu dilakukan secara singkat saja.

Meskipun MGPA ingin menyenangkan semua pembalap, Priandhi menyadari bahwa ini tergantung pada gaya balap dan racing line-nya. MGPA sudah menggandeng beberapa pihak untuk meramaikan Sirkuit Mandalika dengan kompetisi balap yang lebih sering. Andhi, Direktur Utama MGPA, yakin bahwa semakin sering Sirkuit Mandalika dipakai balapan, racing line-nya akan semakin terbentuk sempurna.

Secara keseluruhan, MGPA terus berupaya untuk meningkatkan kualitas sirkuit agar dapat memenuhi kebutuhan pembalap dan penggemar balap motor. Diharapkan, dengan kerja keras dari semua pihak, Sirkuit Mandalika dapat menjadi sirkuit balap motor yang terbaik di dunia.