Honda BeAT Injeksi Muncul Kode 52, Apakah Harus Bongkar Mesin untuk Perbaikan?

Pemilik Honda BeAT wajib waspada apabila muncul kode error check engine 52 di panel indikator. Kode 52 ini menandakan adanya masalah di sensor Crank Position (CKP). Saat terjadi kode 52 ini, umumnya motor akan sering mengalami masalah brebet dan hilang tenaga, lalu motor bisa mogok total. Namun, apakah perbaikan masalah kode 52 ini harus sampai harus turun mesin?

Menurut Suhendri, mekanik Bagus Motor di Jl. Rorotan Cakung, Cilincing, Jakarta Utara, sebetulnya untuk kode 52 ini meskipun mogok, tidak sampai turun mesin atau penggantian part. Kode 52 ini sering muncul akibat kabel bodi ke area spul terkelupas atau putus. Kabel bodi tersebut umumnya terkelupas akibat gesekan dengan crankcase atau digigit tikus.

Maka dari itu, perbaikan yang dibutuhkan hanya dengan menyambungkan kabel yang terkelupas tadi, cukup pakai isolatip kabel. Karena kabel ini sering putusnya karena gesekan, maka kabel tersebut bisa digantung ke posisi yang lebih tinggi dengan menggunakan kabel tie dan disatukan dengan kabel gas yang mengarah ke Throttle Body (TB).

Dengan begitu, untuk mengatasi masalah munculnya kode error 52 di panel indikator Honda BeAT injeksi tidak perlu sampai harus bongkar mesin. Perbaikan yang cukup sederhana dan tidak memerlukan biaya yang mahal. Bagi pemilik Honda BeAT, selalu cek kondisi kabel bodi untuk menghindari masalah yang tidak diinginkan. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda.