Handphone Android Mati Total? Ini Cara Mudah Memperbaikinya

Jika kamu seorang pengguna handphone (HP) Android, pasti pernah mengalami masalah ketika HP tiba-tiba mati total. Kondisi seperti ini tentu bikin panik, apalagi jika kamu sangat bergantung pada HP untuk keperluan sehari-hari. Tapi jangan khawatir, ada cara memperbaiki HP Android yang tidak bisa menyala.

Handphone Android Mati Total? Ini Cara Mudah Memperbaikinya
 Cara Mudah Memperbaiki Handphone Android Mati Total

Berikut ini beberapa cara memperbaiki HP Android yang mati total, yang bisa kamu lakukan sendiri di rumah.

1. Tahan Tombol Power

Cara pertama yang bisa kamu coba adalah menekan dan menahan tombol power selama satu menit. Cara ini cukup efektif jika HP Android kamu mengalami kerusakan pada tombol power sehingga membutuhkan tekanan untuk menyalakannya.

Jika cara ini tidak berhasil, coba tekan dan tahan tombol power selama satu menit sambil mengisi baterai. Kemudian, lihat apakah HP Android bisa menyala atau tidak.

2. Cas HP Beberapa Menit

Beberapa HP Android keluaran lama memiliki kapasitas baterai yang kecil sehingga akan cepat habis dan HP tidak mau menyala. Jika HP kamu termasuk Android lama, cobalah isi daya baterai selama 10-15 menit dan hidupkan kembali HP. Bisa jadi baterai benar-benar habis sehingga membutuhkan waktu lama bahkan hingga berjam-jam untuk mengisi baterai.

3. Lepas Baterai

Apabila HP kamu masih menggunakan model lama, cobalah melepas baterai. Setelah itu, diamkan selama beberapa menit, lalu pasangkan kembali ke HP dan tekan tombol power. Cara memperbaiki HP Android yang tidak bisa menyala ini bertujuan memotong arus listrik ke HP dan diharapkan setelah itu HP dapat menyala kembali.

4. Ganti Baterai

Jika cara-cara sebelumnya masih tidak bisa membuat HP Android menyala, kamu bisa mencoba mengganti baterai dengan baterai lain. Hal ini juga berfungsi untuk memastikan apakah kerusakan berasal dari baterai atau port charger.

5. Flash Ulang HP Android

Flashing merupakan proses menginstal ulang sistem operasi Android agar kembali seperti semula. Biasanya cara ini dilakukan dengan program tertentu seperti Odin, Flashtool, atau Miflash. Kamu bisa melakukan flashing HP dengan PC atau laptop, atau juga melakukannya tanpa perangkat tersebut. Cara ini dapat menjadi solusi HP tiba-tiba mati total dan HP dengan baterai tanam yang tidak bisa dicas.

Namun, perlu diingat bahwa tidak semua kondisi HP mati bisa diperbaiki dengan cara-cara di atas. Jika kerusakan sudah parah, seperti hang, restart sendiri, atau bahkan mati total, sebaiknya kamu membawanya ke service center.

Demikianlah beberapa cara memperbaiki HP Android yang mati total. Dengan melakukan cara-cara tersebut, diharapkan HP Android kamu bisa kembali normal dan dapat digunakan seperti sedia kala.