Google Masih Unggul Dari TikTok, Begini Hitungannya

Pada tahun 2021, TikTok berhasil menempati posisi layanan internet terpopuler di seluruh dunia menurut CloudFlare. Namun, kini pada tahun 2022, posisi itu kembali diambil alih oleh raksasa mesin pencari, Google.

Google Masih Unggul Dari TikTok, Begini Hitungannya
Google Masih Unggul Dari TikTok, Begini Hitungannya

Dalam daftar layanan internet terpopuler 2022 yang dibuat oleh CloudFlare, Google berhasil menempati peringkat pertama, sedangkan Facebook dan Apple menempati posisi kedua dan ketiga. TikTok, yang sempat menduduki posisi pertama pada tahun 2021, kini harus puas berada di posisi ketiga, dengan trafik yang kurang lebih sama dengan trafik Apple.

Namun, CloudFlare menjelaskan bahwa daftar layanan internet terpopuler tahun ini tidak bisa dibandingkan dengan daftar tahun lalu, karena mereka mengadopsi algoritma baru untuk mencatat trafik layanan-layanan internet yang ada di seluruh dunia. Selain itu, mereka juga menggabungkan seluruh situs Google yang aktif menjadi satu domain, sehingga trafiknya bisa lebih tinggi dari platform atau layanan internet lain.

Meski begitu, TikTok masih menjadi platform media sosial yang sangat populer di seluruh dunia. Menurut data dari Sensor Tower, TikTok merupakan aplikasi yang paling banyak diunduh di seluruh dunia pada tahun 2021, dengan total unduhan sebanyak 850 juta kali.

Namun, bukan hanya TikTok yang bersaing ketat dalam dunia internet. Terdapat juga platform video pendek YouTube yang berada di bawah Apple dan TikTok dalam daftar layanan internet terpopuler 2022. Selain itu, Microsoft, Amazon Web Services, Instagram, Amazon, iCloud, Netflix, Twitter, dan Yahoo juga masuk dalam daftar lima besar.

Dari daftar tersebut, bisa dilihat bahwa layanan-layanan internet besar seperti Google, Facebook, dan Apple masih mendominasi trafik internet di seluruh dunia. Namun, tidak menutup kemungkinan bahwa dalam beberapa tahun ke depan, platform-platform baru yang muncul dapat bersaing dan merubah peringkat di daftar layanan internet terpopuler.