Google dan Qualcomm Mengumumkan Peluncuran eSIM dan iSIM untuk Gantikan SIMCard Ponsel

Google dan Qualcomm baru-baru ini mengumumkan peluncuran eSIM dan iSIM dalam acara Mobile World Congress 2023 di Barcelona. Kedua produk ini ditujukan untuk menggantikan SIMCard fisik yang selama ini digunakan pada ponsel. eSIM diluncurkan oleh Google dan dirancang untuk digunakan pada ponsel Android. Sementara pengguna iPhone Apple di Amerika Serikat telah menggunakan eSIM sejak beberapa waktu yang lalu.

Google dan Qualcomm Mengumumkan Peluncuran eSIM dan iSIM

Dalam laman resminya, Google menyatakan bahwa dengan eSIM, pengguna dapat memilih jenis paket telepon yang diinginkan seperti Google Fi, dengan proses penyiapan yang mudah dan cepat tanpa perlu menggunakan SIMCard fisik. Pengguna juga dapat memilih dua SIMCard yang berbeda untuk digunakan pada ponsel mereka, baik untuk data, panggilan, SMS, dan layanan lainnya.

eSIM memiliki beberapa keuntungan yang tidak dimiliki oleh SIMCard fisik, seperti tidak mudah hilang dan menghilangkan limbah SIMCard yang selama ini menjadi masalah lingkungan. Selain itu, dengan eSIM, pengguna dapat dengan mudah beralih ke jaringan lain tanpa perlu mengganti SIMCard fisik.

Qualcomm dan Thales juga mengumumkan peluncuran iSIM, sebuah solusi terpadu yang dikembangkan dengan mengikuti standar GSMA atau Global Association for the Mobile Communications Industry. iSIM dirancang untuk dapat diterapkan secara komersial pada Platform Seluler Snapdragon® 8 Gen 2. Pengguna dapat mengelola langganan iSIM dari jarak jauh melalui platform standar apapun, dengan keamanan dan konektivitas yang fleksibel.

Kaleido Intelligence, perusahaan riset dan konsultan di bidang telekomunikasi, memperkirakan bahwa pangsa pasar eSIM akan tumbuh hingga mencapai US$300 juta pada tahun 2027.

Bagi pengguna ponsel Android yang ingin menggunakan eSIM Google, langkah-langkah yang perlu dilakukan adalah menyiapkan eSIM melalui aplikasi Google Fi dan memastikan akses ke jaringan Wi-Fi. Ponsel yang kompatibel dengan eSIM antara lain seri Samsung S23, S22, S21, S20, Galaxy Note20, Galaxy Z Flip 4 dan Fold 4, dan Galaxy Flip 3, serta semua ponsel Pixel 4 dan yang lebih baru.

Sementara itu, pengguna iPhone yang ingin menggunakan eSIM dapat melakukannya pada iPhone SE (versi 2020), iPhone XR, iPhone XS, iPhone XS Max, dan semua ponsel iPhone 11 ke atas.

Namun, perlu diingat bahwa untuk pengguna di luar Amerika Serikat, tidak disarankan untuk mengganti SIMCard fisik karena dapat menghilangkan kemampuan roaming internasional dan tidak memungkinkan pengguna untuk mengaktifkan SIMCard baru.

Dalam hal ini, pengguna yang ingin menggunakan eSIM Google Fi namun masih memiliki SIMCard fisik dari operator lain dapat dengan mudah beralih antara jaringan seluler dengan memilih opsi “beralih” melalui pengaturan ponsel mereka.