Fenomena “Hujan Cacing” Terjadi di Liaoning, Tiongkok

Warga di provinsi Liaoning, Tiongkok, belakangan ini dihebohkan dengan kejadian aneh yang terjadi. Mereka melihat makhluk atau objek mirip cacing tanah jatuh dari langit. Kejadian tersebut membuat otoritas setempat meminta warga untuk berlindung dengan menggunakan payung.

Fenomena “Hujan Cacing” Terjadi di Liaoning, Tiongkok

Video klip tentang fenomena tersebut pun menjadi viral di media sosial. Tampak sejumlah objek berbentuk cacing tanah tersebar di mobil dan jalanan Liaoning. Kejadian ini menimbulkan beragam pendapat dari berbagai kalangan.

Menurut jurnal ilmiah Mother Nature Network, penjelasan paling mungkin dari kejadian ini adalah adanya sejumlah cacing yang tersapu angin kencang dan kemudian jatuh menghujani Liaoning. Hal seperti ini, kata jurnal itu, terjadi ketika makhluk hidup seperti serangga terperangkap dalam pusaran air saat badai.

Namun, beberapa orang berpendapat bahwa benda yang tampak berlendir itu bukanlah cacing, melainkan bunga poplar – pohon tulip yang bunganya menyerupai cacing tanah. Seorang pengguna di Twitter mengatakan, “Ini bukan cacing atau binatang, tapi tangkai bunga yang jatuh dari pohon.” Pengguna lain menambahkan, “Hal-hal yang jatuh dari pohon poplar di musim semi bukanlah ulat, tetapi bunga pohon poplar. Ketika paku bunga poplar mulai berjatuhan, itu berarti mereka akan mekar.”

Meskipun begitu, pengguna lain di situs mikro-blogging memperdebatkan bahwa objek yang jatuh tersebut mungkin saja adalah hujan cacing sungguhan. “Jarang terjadi, tetapi bukan tidak mungkin cacing tanah jatuh dari langit saat hujan, sebuah fenomena yang disebut hujan cacing tanah. Ini biasanya terjadi ketika kondisi cuaca tertentu terjadi, seperti angin kencang yang mengangkat cacing tanah dan membawanya ke awan, di mana mereka dapat terbawa jarak jauh sebelum jatuh kembali ke tanah bersama hujan,” tulis seorang pengguna.

Menurut laporan New York Post, kejadian serupa juga pernah terjadi di Florida, Amerika Serikat (AS), pada Desember lalu. Saat itu, sejumlah iguana berjatuhan dari pepohonan karena suhu yang lebih dingin. Laporan itu menyebutkan bahwa cuaca dingin memang sering terjadi di Florida. Saat suhu turun, reptil menjadi kaku dan jatuh dengan sendirinya ke tanah.