Di Era Anies Dilarang, Formula E 2023 Kini Digelar di Jalan Jenderal Sudirman

Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo, yang juga menjabat sebagai Ketua Steering Committee (SC) Formula E Jakarta, baru saja mengumumkan bahwa balapan Jakarta E-Prix 2023 tidak lagi akan dihelat di Sirkuit Ancol, Jakarta Utara pada 3-4 Juni mendatang. Menurut Bamsoet, balapan mobil listrik tahun kedua di Jakarta itu akan dilaksanakan di sirkuit jalanan dalam kota. Lokasinya, selain di Jalan Jenderal Sudirman bisa juga di depan Balai Kota DKI atau Jalan Medan Merdeka Selatan.

Di Era Anies Dilarang, Formula E 2023 Kini Digelar di Jalan Jenderal Sudirman
Di Era Anies Dilarang, Formula E 2023 Kini Digelar di Jalan Jenderal Sudirman

Bamsoet mengungkapkan rencananya untuk mengadakan balapan mobil listrik di dalam kota, yang menurutnya lebih menarik. Pihaknya juga berencana memperpanjang kontrak balapan Formula E hingga 2030, jika negosiasi antara Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta, panitia penyelenggara, dan Formula E Operation (FEO) selaku penyelenggara global balap mobil listrik itu menemui kesepakatan.

Perhelatan Formula E Jakarta untuk pertama kalinya diadakan di Sirkuit Ancol pada 4 Juni 2022, setelah niatan menggelar balapan di sirkuit jalanan ditolak pemerintah pusat. Opsi lainnya, balapan melewat Jalan Medan Merdeka dan Monas. Namun, Pemprov DKI tidak mendapatkan izin dari Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg) dengan alasan kawasan balapan merupakan Ring 1. Belum lagi, kawasan Monas dan GBK merupakan cagar budaya sehingga berisiko menimbulkan getaran jika diadakan balapan mobil listrik.

Balapan Mobil Listrik
Balapan Mobil Listrik

Anies Rasyid Baswedan, mantan Gubernur DKI Jakarta, kemudian memerintahkan PT Jakarta Propertindo (Jakpro) untuk membangun Sirkuit Ancol sebagai lokasi Formula E. Namun, pada era Heru Budi, yang juga menjabat sebagai Kepala Sekretariat Presiden (Kasetpres), balapan Formula E diproyeksikan digelar di sirkuit jalanan seperti rencana semula pada era Anies.

PT Jakpro ditunjuk sebagai penanggung jawab balapan. Jika pada tahun lalu, balapan hanya berlangsung sehari maka tahun ini dihelat selama dua hari pada 3 dan 4 Juni 2023. Bamsoet menjelaskan bahwa mereka sedang berkomunikasi dan berkoordinasi secara intensif dengan Formula E Operation (FEO) terkait hal-hal teknis maupun performa sirkuit agar tetap memiliki standar FEO.

Dengan adanya rencana untuk memindahkan lokasi balapan dari Sirkuit Ancol ke sirkuit jalanan dalam kota, diharapkan dapat menarik lebih banyak penonton dan turut meningkatkan popularitas balap mobil listrik di Indonesia. Semoga rencana ini dapat segera direalisasikan dan sukses di tahun-tahun mendatang.