CPNS 2023 Dibuka. 4 Jurusan ini Jadi Prioritas

Pemerintah Indonesia melalui Kementerian PAN RB telah mengumumkan bahwa pendaftaran CPNS 2023 akan dibuka dalam waktu dekat ini. Bagi mereka yang sedang mencari peluang untuk bekerja di sektor publik, ini adalah kesempatan yang sangat berharga.

CPNS 2023 Dibuka. 4 Jurusan ini Jadi Prioritas
CPNS 2023 Dibuka. 4 Jurusan ini Jadi Prioritas

Namun, sebelum Anda mendaftar, penting untuk mengetahui jurusan-jurusan yang paling dibutuhkan dan diprioritaskan dalam formasi CPNS 2023. Berikut ini 4 Jurusan yang Jadi Prioritas:

1. Jurusan Pendidikan

Jurusan pendidikan selalu menjadi jurusan yang paling dibutuhkan dalam setiap penerimaan CPNS. Kebutuhan tenaga pengajar seperti guru dan dosen sangat besar, dan ini merupakan alasan utama mengapa pemerintah memprioritaskan lulusan sarjana pendidikan.

Lulusan sarjana pendidikan bisa berasal dari berbagai bidang, seperti Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD), Pendidikan Anak Usia Dini (PGPAUD), Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Agama Islam, dan lain-lain. Jadi, jika Anda adalah lulusan sarjana pendidikan, maka peluang untuk berkesempatan lolos CPNS 2023 sangat besar.

2. Jurusan Kesehatan

Kebutuhan tenaga kesehatan selalu menjadi prioritas utama pemerintah. Oleh karena itu, lulusan sarjana kedokteran, keperawatan, epidemologi, dan farmasi termasuk ke dalam jurusan yang sangat dibutuhkan dalam setiap penerimaan CPNS.

Anda yang merupakan lulusan sarjana kesehatan memiliki kesempatan besar untuk berkesempatan lolos di CPNS 2023. Peluang ini tentu saja sebanding dengan peningkatan jumlah formasi untuk tenaga kesehatan yang akan disediakan oleh pemerintah.

3. Jurusan Hukum

Jurusan hukum juga termasuk dalam jurusan yang sangat dibutuhkan dalam penerimaan CPNS 2023. Pemerintah sedang mempersiapkan formasi jaksa dan hakim yang membutuhkan lulusan sarjana hukum.

Jika Anda adalah lulusan sarjana hukum, maka peluang untuk lolos di CPNS 2023 sangat besar. Seiring dengan peningkatan jumlah formasi untuk tenaga ahli hukum yang akan disediakan oleh pemerintah, ini adalah peluang yang sangat berharga untuk meningkatkan karir Anda di sektor publik.

4. Jurusan Komunikasi dan Digital

Jurusan komunikasi dan digital termasuk ke dalam jurusan yang paling dibutuhkan untuk CPNS 2023. Seperti yang telah diungkapkan oleh Menteri PAN RB bahwa talenta digital akan diprioritaskan pada penerimaan CPNS 2023.

Hal ini dilakukan karena pemilihan pekerja digital dianggap sebagai wujud transformasi digitalisasi dalam rangka agenda Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE).

Anda yang merupakan lulusan jurusan komunikasi dan digital, sistem informasi, desain grafis, desain komunikasi visual, teknologi informasi, hingga bisnis digital memiliki peluang besar untuk lolos dalam penerimaan CPNS 2023.