Cara merubah MBR ke GPT di BIOS

Master Boot Record (MBR) dan GUID Partition Table (GPT) adalah dua format partisi yang berbeda yang digunakan pada hard drive. MBR adalah format partisi lama yang digunakan pada sistem operasi 32-bit, sedangkan GPT adalah format partisi yang lebih baru dan canggih yang digunakan pada sistem operasi 64-bit. Jika Anda ingin menginstal sistem operasi 64-bit pada hard drive yang memiliki format partisi MBR, Anda harus mengubahnya menjadi GPT. Berikut adalah cara merubah MBR ke GPT di BIOS:

Cara merubah MBR ke GPT di BIOS
Cara merubah MBR ke GPT di BIOS

Penting:

Mengubah format partisi akan menghapus semua data dari hard drive, pastikan Anda membuat backup terlebih dahulu.

Pastikan motherboard Anda mendukung booting dari mode UEFI. Jika motherboard Anda tidak mendukung booting dari mode UEFI, maka tidak akan mungkin untuk menggunakan format partisi GPT.

Langkah 1:

Masuk ke BIOS dengan menekan tombol yang tepat pada keyboard Anda saat komputer mulai booting. Biasanya tombol ini adalah Delete, F2, atau F10, tergantung pada motherboard Anda.

Langkah 2:

Cari pengaturan yang disebut “Boot mode”, “Boot option”, atau “Boot configuration”. Nama pengaturan ini dapat bervariasi tergantung pada motherboard Anda. Pastikan untuk mengubah pengaturan ini agar mendukung booting dari mode UEFI.

Langkah 3:

Simpan pengaturan BIOS Anda dan keluar dari BIOS.

Langkah 4:

Setelah keluar dari BIOS, boot komputer Anda dengan bootable USB atau DVD installer sistem operasi yang mendukung GPT.

Langkah 5:

Pada layar instalasi sistem operasi, pilih opsi untuk melakukan instalasi kustom. Selanjutnya pilih opsi untuk membuat partisi baru.

Langkah 6:

Pada layar pembuatan partisi, pilih opsi untuk menggunakan GPT sebagai format partisi.

Langkah 7:

Buat partisi sistem, partisi boot, dan partisi data. Pastikan untuk membuat partisi sistem sebagai partisi pertama pada hard drive.

Langkah 8:

Selesaikan instalasi sistem operasi seperti biasa.

Langkah 9:

Setelah instalasi selesai, periksa format partisi pada hard drive dengan menggunakan utilitas seperti Disk Management di Windows atau GParted di Linux.

Kesimpulan:

Mengubah format partisi dari MBR ke GPT di BIOS dapat memungkinkan Anda untuk menginstal sistem operasi 64-bit dan memanfaatkan fitur-fitur GPT yang lebih canggih. Pastikan untuk membuat backup data Anda sebelum mengubah format partisi, dan pastikan motherboard Anda mendukung booting dari mode UEFI sebelum mencoba mengubah format partisi.