Cara menggunakan Rivatuner

Rivatuner adalah sebuah software yang digunakan untuk mengontrol dan mengoptimalkan kinerja kartu grafis pada komputer. Rivatuner bisa digunakan bersamaan dengan software MSI Afterburner untuk mengatur overclocking, fan speed, dan lain sebagainya. Selain itu, Rivatuner juga dapat digunakan untuk menampilkan on-screen display (OSD) seperti framerate, temperatur, dan penggunaan CPU/GPU.

Cara menggunakan Rivatuner
Cara menggunakan Rivatuner

Berikut adalah langkah-langkah cara menggunakan Rivatuner:

1. Download dan install Rivatuner

Pertama-tama, Anda harus mengunduh Rivatuner dari situs resmi seperti Guru3D atau TechPowerUp. Setelah diunduh, jalankan file installer dan ikuti instruksi yang diberikan untuk menyelesaikan proses instalasi.

2. Buka Rivatuner dan atur OSD

Setelah berhasil diinstall, buka Rivatuner dan pilih “Setup” pada bagian “OSD”. Pada menu OSD, pilih “Custom Direct3D support” untuk menampilkan OSD pada game. Kemudian, atur pengaturan OSD sesuai kebutuhan Anda. Anda dapat memilih informasi apa saja yang ingin ditampilkan seperti framerate, temperatur CPU/GPU, penggunaan CPU/GPU, dan sebagainya.

3. Konfigurasi Hotkeys

Untuk menampilkan OSD pada layar, Anda perlu mengatur hotkeys. Hotkeys adalah tombol yang ditekan pada keyboard untuk menampilkan OSD. Untuk mengatur hotkeys, pilih “Hotkeys” pada menu OSD. Kemudian, pilih tombol mana yang ingin Anda gunakan sebagai hotkeys untuk menampilkan OSD.

4. Mengaktifkan OSD pada Game

Setelah semua pengaturan OSD selesai dilakukan, Anda harus mengaktifkan OSD pada game yang ingin Anda mainkan. Untuk mengaktifkan OSD, jalankan game dan tekan hotkeys yang sudah Anda atur sebelumnya. OSD akan muncul pada layar game dan menampilkan informasi yang telah Anda atur.

5. Atur posisi OSD

Jika OSD menghalangi tampilan game, Anda dapat mengubah posisi OSD. Pada menu OSD, pilih “Custom Direct3D support” dan kemudian pilih “Position”. Anda dapat memindahkan OSD ke posisi lain dengan menentukan nilai X dan Y.

Itulah beberapa langkah cara menggunakan Rivatuner. Dengan menggunakan Rivatuner, Anda dapat mengontrol dan memantau kinerja kartu grafis Anda serta menampilkan informasi yang berguna pada layar saat Anda bermain game. Namun, pastikan untuk tidak menggunakan software ini untuk overclocking atau modifikasi hardware lainnya tanpa pengetahuan dan pengalaman yang cukup, karena hal tersebut bisa merusak hardware komputer Anda.