Wajib Scan QR Code MyPertamina Untuk BBM Solar Bersubsidi

Pemerintah Mewajibkan Scan Barcode atau QR Code MyPertamina Untuk Mengisi BBM Solar Bersubsidi Mulai 1 Maret 2023

Scan QR Code MyPertamina Untuk BBM Solar Bersubsidi
Scan QR Code MyPertamina Untuk BBM Solar Bersubsidi

Pemerintah telah menerbitkan kebijakan baru terkait pengisian BBM Solar bersubsidi atau Biosolar di seluruh SPBU Pertamina di Indonesia. Mulai 1 Maret 2023, setiap pengemudi kendaraan yang ingin membeli BBM Solar bersubsidi harus melakukan scan barcode atau QR Code MyPertamina.

Kebijakan baru ini dilakukan untuk memastikan bahwa subsidi BBM tepat sasaran sesuai dengan peraturan Nomor 04/P3JBT/BPH Migas/KOM/2020 mengenai pengendalian penyaluran jenis BBM tertentu. Hal ini sejalan dengan tujuan pemerintah untuk mengurangi anggaran subsidi yang tidak efektif.

Adapun aturan pembelian BBM Solar bersubsidi dibatasi untuk kendaraan pribadi roda 4 maksimal 60 liter per hari dan angkutan umum orang atau barang roda 4 maksimal 80 liter per hari. Namun, angkutan umum orang atau barang berroda 6 dapat mengisi solar bersubsidi maksimal 200 liter per hari.

Untuk bisa membeli BBM Solar bersubsidi, pengemudi kendaraan harus terdaftar dalam aplikasi MyPertamina terlebih dahulu. Mereka yang belum terdaftar hanya diperbolehkan mengisi maksimal 20 liter sehari.

Berikut adalah cara untuk mendaftar MyPertamina agar bisa membeli BBM Solar bersubsidi di SPBU Pertamina:

  1. Membuat akun di website www.subsiditepat.mypertamina.id dan mengisi data diri, data kendaraan, serta foto dokumen terkait seperti STNK, KTP, dan surat pendukung lainnya. Selain itu, pengemudi kendaraan juga diharuskan melakukan self-declare untuk memastikan kebenaran data yang disubmit.
  2. Data yang telah disubmit akan dicocokkan dengan dokumen yang diupload, serta ketentuan subsidi yang berlaku.
  3. Pengguna akan menerima email pemberitahuan terkait hasil verifikasi dan akan mendapatkan QR Code dengan dua cara, yaitu melalui akun pengguna di website Subsidi Tepat atau melalui fasilitas QR Code Subsidi Tepat di aplikasi MyPertamina.
  4. Transaksi di SPBU dengan melakukan scan QR pada electronic data capture (EDC) atau menginput nomor polisi kendaraan jika tidak memiliki ponsel. Pembayaran solar di SPBU dapat menggunakan cash, MyPertamina atau metode lain di SPBU.

Kebijakan baru ini tentunya akan memberikan dampak positif bagi pengemudi kendaraan yang membutuhkan BBM Solar bersubsidi dengan harga lebih terjangkau. Selain itu, kebijakan ini juga membantu pemerintah untuk mengendalikan penggunaan BBM Solar bersubsidi yang selama ini tidak tepat sasaran. Bagi Anda yang ingin memanfaatkan subsidi BBM ini, jangan lupa untuk mendaftar di aplikasi MyPertamina agar bisa membeli BBM Solar bersubsidi secara efektif dan efisien.