Tutorial Install Linux di Windows Menggunakan Virtualbox Cepat dan Mudah

Tutorial Install Linux di Windows Menggunakan Virtualbox Cepat dan Mudah – Oke, di artikel kali ini, penulis akan memberikan tutorial bagaimana cara meng-install Linux di Windows dengan menggunakan VirtualBox. 

Tutorial Install Linux di Windows
Tutorial Install Linux di Windows

Sebelumnya, bagi kalian yang belum punya aplikasi VirtualBox, silakan untuk mengunduhnya terlebih dahulu. 

Cara download dan install Virtualbox akan dijelaskan di bawah ini. 

Cara Download dan Install Virtualbox di Windows 10

Oke, langsung saja di sini penulis akan memberikan tutorial cara menginstal VirtualBox di Windows 10. Bagi kalian yang menggunakan Windows 7, 8 dan 11 caranya sama saja.

Berikut ini Langkah-lahkah download dan install Virtualbox di laptop atau PC kalian. 

1. Pergi ke Browser

Pertama-tama kunjungi browser kalian. Bisa menggunakan Google Chrome, Mozila Firefox, Opera, Microsoft Edge, atau browser lainnya. Pada bagian pencarian atau address bar silakan silakan ketikan www.virtualbox.org. Lalu tekan “enter”.

2. Download Virtual Box

Kita akan diarahkan pada website resmi VirtualBox dan akan ditampilkan versi terbaru dari VirtualBox. 

Saat artikel ini dibuat, Virtualbox sudah tersedia dalam versi 7.0. Selanjutnya untuk men-download aplikasi Virtualbox, klik “download”. 

VirtualBox akan memberikan pilihan mau di-install di mana aplikasi ini. Apakah akan dipasang di Windows, Linux, Mac OS, dan lain sebagainya. 

Karena kita menggunakan Windows, maka kita pilih yang “Windows Host”. Kemudian kita akan diarahkan ke mana akan menyimpan file mentah dari aplikasi VirtualBox-nya.

Saya sendiri lebih senang menyimpannya di folder download agar lebih mudah untuk mencari file-nya. Untuk meng-install-nya, kita tunggu dulu proses download-nya hingga selesai.

Jika kalian menggunakan Google Chrome, maka bisa dilihat proses bar download-nya berada di sebelah kiri bawah. 

Kecepatan download-nya tergantung dari speed internet yang kalian miliki. Tunggu sampai file berhasil diunduh 100%. 

Jika sudah beres, kita lanjutkan proses install VirtualBox. Silakan buka file hasil download-nya tadi. Klik “Open” atau jika kalian mau melihat di mana lokasi file-nya tersimpan, klik pada bacaan “show in folder”. 

Setelah itu klik “Yes”. Kita tunggu proses install-nya. Jika sudah klik “next”. Selanjutnya di sini akan ditampilkan semua fitur-fitur atau aplikasi yang tersedia pada VirtualBox. Kita tidak perlu men-setting-nya dulu, langsung saja klik “next”. 

Kemudian di sini silakan centang keempat bacaan di atas agar nanti shortcut dari aplikasi VirtualBox akan langsung tampil di desktop kita. 

Kemudian klik “Yes”. Selanjutnya klik “install” dan kita tunggu proses instalasinya hingga selesai. 

Jika proses install VirtualBox di laptop sudah selesai, klik finish***

Tutotial Install Linux di Windows Menggunakan Virtual Box

Pertama-tama tentukan dulu distro Linux apa yang mau di-install. Di sini akan dicontohkan menggunakan Linux Ubuntu karena yang paling umum dipakai dan mudah digunakan untuk pemula sekalipun.

1. Buka Aplikasi VirtualBox

Langkah pertama jalankan aplikasi VirtualBox > di tampilan beranda aplikasinya klik “New” lalu akan muncul tab “Virtual Machine Name and Operating System”.  

2. Beri Nama File Installannya

Jika sudah klik “New” dan muncul tab virtual machine-nya, selanjutnya kita beri nama file-nya, lalu kita pilih tempat penyimpanannya. 

Silakan pilih tempat storage-nya sesuasi dengan keinginan kalian. Saya di sini memilih di local disk D. 

Samakan nama foldernya dengan nama file-nya, yaitu Ubuntu. Untuk tipenya pilih Linux dan versinya Ubuntu 64 bit (sesuaikan dengan tipe komputer kalian). Selanjutnya klik “next”. 

3. Memilih Sistem Hardware 

Geser ke tengah saja sesuai standar untuk memorinya. Pada bagian prosesornya biarkan 1 CPU saja dan beri centang pada kolom “Enable EFI” yang ada di bawah.

4. Memilih Tempat Penyimpanan Software

Untuk penyimpanannya pilih di hardisk geser ke kanan pilih yang sekitar 10 GB saja. Lalu klik “next” dan klik finish. 

5. Masukkan File Ubuntu

Setelah prosesnya selesai maka akan muncul nama file atau folder yang telah kita buat di sebelah kiri, yaitu namanya Ubuntu. Kita klik garis tiga yang ada di sampingnya untuk mencari lokasi storage-nya. Setelah itu kita klik “next”.

6. Setting File Ubuntu dalam Aplikasi VirtualBox

Selanjutnya klik menu “Setting” yang ada di atas. Pilih menu “Controller IDE” > “Empty” Masukkan file Ubuntu-nya dalam folder yang sama. Lalu klik “Choose a Disk File” untuk memasukkan file Ubuntu-nya (.rar) > klik “open”. 

7. Install Ubuntu

Jika sudah menambahkan file Ubuntu-nya tadi, kita langsung klik “start” lalu tunggu prosesnya. Jika sudah selesai, di sini kita pilih Install Ubuntu > lalu tekan “enter”. Kita tunggu prosesnya sampai selesai. 

Selanjutnya akan muncul tampilan hasil install. Di sini kita klik install Ubuntu saja. 

8. Setting Keyboard Layout

Nah untuk keyboard layout-nya, kita pilih bahasa Inggris saja sesuai bahasa aplikasinya saja. Lalu klik “continue”.  

Setelah itu di sini kita pilih untuk “update driver and other software”. Kita centang “Normal installation” dan “download update while installing Ubuntu”. Selanjutnya klik “continue”.  

Nah kita di sini disuruh untuk memilih tipe instalasinya, kita centang menu “Erase Disk and install Ubuntu”. Selanjutnya klik “install now”. 

9. Mengisi Area Kita

Lalu kita disuruh memilih area lokasi kita. Di sini kita pilih misalnya saya dari Semarang, Jawa Tengah silakan pilih koordinat lokasi zona sesuai di mana kita tinggal.

10. Isi Biodata Diri

Setelah itu, di sini kita disuruh untuk mengisi biodata diri dan password. Silakan isi biodata diri kalian sesuai dengan data kalian masing-masing. 

Selanjutnya kita diminta untuk memasukkan password. Silakan input password sesuai dengan keinginan kalian. Pastikan ada kombinasi huruf, angka, dan symbol sesuai instruksi agar tidak ditolak password kalian oleh system. 

Nah di sini juga ada pilihan login otomatis. Jika sudah mengisi data diri, kita pilih “continue” saja.

11. Lanjutkan Proses Install

Oke, untuk proses instalasinya mungkin agak lama sesuai dengan spek laptop kalian masing-masing. Silakan ditunggu dengan sabar prosesnya sampai selesai. 

12. Melakukan Restart

Setelah selesai proses instalasinya, maka akan muncul notifikasi “Installation Complete”. Lalu klik “Restart Now” > tekan Enter. 

Jika sudah berhasil, kita tunggu saja prosesnya. Kemudian di layar akan muncul tampilan seperti di atas. Tunggu proses loading-nya selesai. Jika sudah, klik “selanjutnya” > tekan “enter”. 

13. Setting Akun

Beikutnya akan ada menu untuk setting akun dan masukkan kata sandi yang telah kalian buat sebelumnya. 

Untuk selanjutnya akan muncul menu pengaturan seperti location, connect account, dan lain-lain yang bisa dengan mudah kalian setting sendiri, atau dilewati saja jika tidak mau mengisi. 

14. Tes Jalankan Linux Ubuntu

Proses instalasi Linux Ubuntu dalam VirtualBox pun berhasil. Tes di kolom pencarian untuk mengecek apakah sudah berfungsi apa belum.

Itu dia tadi tutorial install Linux di Windows dengan menggunakan VirtualBox cepat dan mudah lengkap dengan cara menginstal VirtualBox yang dapat saya bagikan. Semoga bermanfaat.