Tanda WhatsApp Sedang Dikloning

WhatsApp adalah aplikasi pesan instan yang sangat populer dan sering digunakan oleh banyak orang. Tetapi, sayangnya, aplikasi ini tidak kebal dari tindakan hacker atau orang yang mencoba untuk mengkloning nomor WhatsApp kita. Ada beberapa tanda-tanda yang perlu kita ketahui untuk mengenali apakah nomor WhatsApp kita sedang dikloning atau tidak.

Tanda WhatsApp Sedang Dikloning
Tanda WhatsApp Sedang Dikloning

1. Keluar dari WhatsApp tiba-tiba

Jika nomor kita digunakan di dua perangkat dalam waktu bersamaan, WhatsApp akan secara otomatis keluar dari perangkat yang kita gunakan sebelumnya. Jika nomor yang sama didaftarkan pada perangkat lain, maka kita akan mendapat notifikasi bahwa nomor telepon kita tidak lagi terdaftar di WhatsApp di perangkat yang kita gunakan sebelumnya. Jangan menekan tombol verifikasi jika tidak merasa mendaftarkan nomor kita di perangkat lain.

2. Mendapat kiriman OTP tiba-tiba

Jika kita mendapat kiriman OTP tanpa melakukan sesuatu dengan WhatsApp, maka nomor kita mungkin sedang dicoba untuk dihack.

3. Pesan yang terbaca tiba-tiba

Jika ada pesan yang kita yakin belum dibaca, tetapi sudah terbaca, maka nomor kita mungkin sedang dikloning. Notifikasi dari WhatsApp Web yang memberitahukan bahwa kita sedang memiliki WA Web yang aktif juga bisa menjadi tanda jika nomor kita dikloning hanya dari WhatsApp Web.

4. Mengirim pesan yang tidak dikirim oleh kita

Jika ada pesan yang terkirim sendiri padahal kita tidak menulis atau mengirimnya, maka nomor kita mungkin sedang dihack atau dikloning.

5. Status online yang tidak sesuai dengan kegiatan kita

Jika ada teman yang protes karena kita tidak membalas pesan, tetapi status online kita sedang aktif, maka nomor kita mungkin sedang dikloning.

Agar nomor WhatsApp kita tidak dikloning atau dihack, kita harus melakukan beberapa hal seperti:

  • Aktifkan fitur verifikasi dua langkah
  • Jangan berikan informasi pribadi kita kepada orang yang tidak kita kenal
  • Jangan membagikan kode OTP kepada siapapun
  • Jangan mengklik tautan yang mencurigakan
  • Tetapkan kode sandi untuk aplikasi WhatsApp Web

Dengan mengetahui tanda-tanda dan cara mencegah nomor WhatsApp kita dari tindakan yang tidak diinginkan, kita dapat merasa lebih aman dan nyaman saat menggunakan aplikasi ini.