Sound of Text WA: Cara Mudah Membuat Nada Dering Unik di WhatsApp

Sound of Text WA menjadi viral di kalangan anak muda karena menawarkan layanan untuk membuat audio dan nada dering dengan menggunakan teks atau kalimat yang diinput. Layanan ini menawarkan kustomisasi nada dering dengan cara mengubah tulisan kata-kata menjadi suara yang mirip dengan suara Google. Hal ini membuat nada dering panggilan atau pesan masuk di aplikasi WhatsApp menjadi lebih keren untuk didengar.

Sayangnya, kata-kata atau tulisan yang bisa dijadikan suara lewat Sound of Text mempunyai limit atau batasan jumlah huruf. Tulisan yang bisa dikonversi menjadi suara Google hanya bisa sebanyak 200 karakter. Oleh karena itu, kalimat yang ditulis harus berupa kata-kata sederhana.

Namun, cara menggunakan suara Google di WA dengan Sound of Text sangat mudah dilakukan. Anda tidak perlu repot mengunduh aplikasi untuk bisa mengubah kalimat menjadi suara Google karena layanan ini digunakan dengan berbasis web. Berikut adalah langkah-langkah membuat nada dering WhatsApp dengan Sound of Text:

  1. Kunjungi situs soundoftext.com di browser ponsel Anda.
  2. Pada kolom “Text”, masukkan kata atau kalimat yang ingin dijadikan nada dering.
  3. Pada opsi “Voice”, pilih Bahasa Indonesia sebagai dialek pada audionya. Namun, Anda juga bisa memilih dialek dari bahasa lain sesuai keinginan.
  4. Klik “Submit” untuk mengubah kalimat atau kata-kata menjadi audio mirip suara Google.
  5. Kemudian gulir ke bawah dan cari menu “Sound”.
  6. Klik “Play” jika ingin mendengarkan hasil audio atau klik “Download” jika ingin menyimpannya di ponsel.
  7. Audio yang telah didownload berbentuk berkas MP3 dan siap untuk dijadikan nada dering notifikasi WA.

Setelah audio Sound of Text didownload, langkah selanjutnya adalah mengubah nada dering WA. Berikut adalah cara membuat nada dering Sound of Text di WA:

  1. Buka aplikasi WhatsApp pada ponsel Anda.
  2. Klik menu titik tiga pada bagian kanan atas WhatsApp dan pilih menu ‘Setelan’.
  3. Masuk ke bagian ‘Notifikasi’.
  4. Klik ‘Nada notifikasi’.
  5. Cari berkas MP3 dari Sound of Text yang telah dibuat dan didownload sebelumnya.
  6. Pilih berkas nada dering tersebut.
  7. Audio dari Sound of Text sudah bisa dijadikan sebagai nada dering panggilan di WA.

Dengan menggunakan Sound of Text, Anda bisa membuat nada dering WhatsApp dengan suara Google tanpa repot mencari dan mendownload nada dering di internet. Anda juga bisa membuat nada dering yang unik dan personal dengan memilih kata-kata atau kalimat yang ingin dijadikan nada dering. Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda bisa mempercantik tampilan aplikasi WhatsApp dengan nada dering yang lebih keren dan berbeda dari yang lain.