S1deload Stealer: Virus Malware Berbahaya yang Mengintai di Facebook dan YouTube

Baru-baru ini, sebuah virus malware berbahaya bernama S1deload Stealer telah ditemukan di Facebook dan YouTube. Virus ini bisa mencuri password akun pengguna dan memberikan kontrol kepada tim penjahat siber untuk mengendalikan akun Facebook dan YouTube pengguna. Tim peneliti dari Advanced Threat Control Bitfender berhasil mendeteksi malware ini melalui mesin antivirus.

S1deload Stealer Mengintai di Facebook dan YouTube
S1deload Stealer Mengintai di Facebook dan YouTube

S1deload Stealer disebar lewat foto bernuansa dewasa yang disisipkan pada laman komentar di Facebook dan YouTube. Jika pengguna mengunduh link tersebut dan membuka (unzip) folder gambarnya, maka akun langsung terjangkit virus.

Virus ini memungkinkan tim penjahat siber untuk menyisipkan cryptojacker pada browser pengguna demi mencuri daya komputer pengguna untuk menambang kripto. Mereka juga bisa menjalankan browser Chrome di perangkat pengguna tanpa diketahui. Biasanya, virus ini digunakan untuk meningkatkan angka views pada post Facebook dan video YouTube klien. Jika Anda pernah menemui jasa penambah views dan followers untuk media sosial, kemungkinan besar tim di baliknya adalah penjahat siber semacam ini.

Selain itu, tim peretas juga menggunakan API khusus di Facebook untuk mengidentifikasi nilai akun. Tolak ukurnya adalah apakah akun korban merupakan admin di sebuah grup atau page, serta apakah mereka menjalankan iklan tertentu yang terhubung dengan akun bisnis. Dengan informasi tersebut, S1deload Stealer akan menggelar spam kampanye pemasaran klien ke akun-akun lain.

Untuk menghindari virus semacam ini, pastikan Anda selalu berhati-hati saat membuka link yang tersebar di internet. Selain itu, pastikan bahwa antivirus dan sistem keamanan di perangkat Anda selalu diperbarui. Jangan sampai menjadi korban dari serangan virus malware seperti S1deload Stealer ini. Tetap waspada dan aman di dunia maya!