Rekomendasi 9 VGA Gaming Murah Terbaik

Rekomendasi 9 VGA gaming Murah Terbaik – Tak hanya harga smartphone flagship yang harganya terjun bebas, kini harga VGA juga makin murah.

Rekomendasi 9 VGA Gaming Murah Terbaik
Rekomendasi 9 VGA Gaming Murah Terbaik

Kali ini penulis akan merekomendasikan kalian yang sedang mencari VGA gaming murah terbaik yang bisa main game rata kanan. 

Sejujurnya harga VGA card sekarang ini memang agak kacau dengan adanya VGA card bekas mining. Tapi “kacau” di sini dalam konotasi yang positif, sebab bisa menekan harga VGA card baru non mining agar lebih murah lagi. 

Dulu, VGA card harganya naik juga karena adanya bekas mining juga. Sekarang ini kalau mencari di marketplace, VGA card bekas mining langsung menjadi list barang terlaris. 

Harganya yang ditawarkan sangat menarik, murah tapi dengan value yang tinggi. 

Harga VGA bekas ini juga sangat variatif. Hal ini tergantung kondisi, juga adanya branding-an dari penjual yang macam-macam. 

Ada yang bilang bekas mining, bekas kantor, bekas gaming, bahkan nekas pemakain cewek. Intinya adalah trik markeing dari penjual untuk mark up harga dagangannya. 

Yang terpenting bagi kalian yang nantinya mau beli VGA bekas mining atau sejenis, selalu hati-hati dan pahami resikonya. Kalau mau cari aman, ya ambil yang baru saja langsung.

Berikut ini rekomendasi VGA card untuk gaming terbaik dan paling worth it. 

1. RX 6600 

Kelebihan dari Vga RX 6600 itu performanya yang stabil dan ngebut yang diklaim mampu menyaingi VGA RTX 3060 dengan harga yang jauh lebih murah. Konsumsi daya listriknya juga lumayan rendah. 

RX 6600
 RX 6600

RX-6600 yang sekarang banyak dijual di pasaran ini bisa menjalankan game di resolusi 1080p rata kanan bahkan sampai resolusi 2K dengan beberapa catatan. 

Harganya juga sangat ramah di kantong dan menjadi best price to performance yang ada di pasaran saat ini. 

Tapi jika berbicara masalah kekurangannya sangat klasik, khas produk AMD yaitu performa ray tracing-nya yang bisa dibilang cukup tertinggal. 

Untuk produktivitasnya sendiri juga kurang maksimal jika dibandingkan dengan Nvidia series punya. Buat harga barunya ada di angka 3,5-4 juta rupiah. Sedangkan harga bekasnya 2,5-3 juta rupiah.

2. RX 6600 XT

VGA card keluaran AMD ini memiliki keunggulan yang mampu menandingi performa vga Nvidia GeForce RTX 3060 TI dengan harga yang jauh lebih murah. Konsumsi listriknya juga bisa dibilang relatif rendah dan stoknya juga lumayan banyak. 

RX 6600 XT
RX 6600 XT

VGA ini juga mampu menjalankan game berat dengan resolusi 1080p-2K rata kanan. Hanya saja kekurangannya seperti seri sebelumnya, yaitu performa ray tracing-nya itu sangat kurang. 

Selain itu, vram-nya juga cuma 8 GB dengan 128-bit BUS speed. Driver AMD-nya juga kurang konsisten, kadang stabil kadang tidak.  

Untuk harga VGA 6600 XT dibanderol 4-4,5 juta rupiah untuk harga barunya, dan second-nya 3,5-4 juta rupiah.

3. RTX 2060

Selanjutnya ada RTX 2060. Kelebihannya jelas performanya sangat oke. Dilengkapi dengan DLSS khas RTX punya.

RTX 2060
RTX 2060

VGA ini menjadi RTX series budget terbaik untuk saat ini. Stoknya juga masih cukup banyak di pasaran. VGA ini juga punya daya tahan yang sangat baik sehingga bisa menjadi teman produktivitas kalian. 

Akan tetapi, konsumsi dayanya saat full watt itu lumayan besar. Kekurangan lainnya di range harga yang cukup tinggi ini, kalian hanya mendapatkan 6 GB vram. 

Harganya sendiri dibanderol 4 jutaan untuk unit barunya, harga bekasnya 2,8-3,3 jutaan saja. 

4. RTX 3060

Selanjutnya ada RTX 3060 dengan kelebihannya yang antara harga berbanding lurus dengan performa bagusnya. VGA ini juga sudah dilengkapi DLSS dan juga salah satu RTX series budget terbaik. 

RTX 3060
RTX 3060

Kalau kalian butuh fiture ray tracing, VGA ini cocok sekali. Vram-nya juga cukup besar, 16 GB. 

VGA ini juga dapat menjadi teman produktivitas buat edit maupun streaming. Namun kekurangannya adalah konsumsi dayanya yang terbilang boros. Selain itu performa RAW-nya bisa dibilang masih kurang untuk kelas harganya. 

Harga baru VGA RTX 3060 ada di angka 5,5-6 jutaan. Sedangkan harga second-nya 4 jutaan saja.

Untuk list selanjutnya ada VGA murah meriah bekas mining.  Rekomendasi vga card di bawah ini adalah yang paling kere hore dengan harga di bawah tiga juta. 

Bayangkan saja, VGA GTX 1650 polos dibanderol di harga 2,5 juta, sedangkan kalian bisa dapat GTX 1660 super di harga yang sama dengan performa yang jauh lebih baik.

Bahkan kalian bisa mendapatkan RX 6600 dengan harga yang sama juga dengan performa yang jauh lebih tinggi. 

Maka dari itu, rekomendasi VGA card yang bekas mining di bawah ini memang very risky. Kalau lagi hoki, kalian bisa dapat barang bagus sekali dan sangat worth it. Kalau sebaliknya ya zonk. 

Sebenarnya ini tergantung bagimana pintar-pintarnya kalian menanyakan part atau VGA card yang akan kalian beli secara detil. 

Kalian juga harus langsung mengetesnya agar bisa komplain kalau nanti selama penggunaan ada yang kurang sesuai. 

Kalian juga bisa menanyakan ke penjualnya soal riwayatnya seperti power supply apa yang digunakan sebelumnya, dulu dipakai mining berapa lama dan lain sebagainya. 

5. GTX 1660 Super

VGA GTX 1660 Super jadi pilihan vga bekas terbaik sekarang ini. Padahal dulu terbilang langka, sekarang sekalinya ada, stoknya melimpah. 

GTX 1660 Super
GTX 1660 Super

VGA card GTX 1660 super bisa kalian dapatkan di harga 2,4 juta. Tapi kembali lagi, ini untuk harga yang bekas bekas mining ya… 

Selain itu, GTX 1660 super yang barunya itu juga kurang worth it karena seharga RX-6600 baru juga dengan spek yang lebih tinggi. 

6. RTX 2060 Super

Selanjutnya ada RTX 2060 super yang bisa kalian dapatkan hanya dengan tiga juta rupiah saja. Kenapa bisa semurah ini harganya? Ya, tentu karena bekas mining. 

RTX 2060 Super
 RTX 2060 Super

7. RX-5600 XT

Selanjutnya ada VGA RX-5600 XT. Graphic card yang sudah banyak dilupakan orang ini sekarang comeback dengan harga yang sangat menggoda.  Kalian bisa mendapatkannya mulai dari 2,5 jutaan saja dan pastinya bekas mining.

RX-5600 XT
RX-5600 XT

8. RX-580

Rekomendasi VGA gaming selanjutnya adalah RX-580. Kartu grafis satu ini termasuk salah satu yang paling “capek” sedunia. 

RX-580
RX-580

Harganya juga bikin “ngiler”. Cuma dengan mengeluarkan uang sejutaan saja, kalian bisa mendapatkannya. Performanya sangat bagus jika kalian beruntung mendapatkan unit yang masih bagus. 

9. GTX 1070

Selanjutnya ada VGA GTX 1070. Karti grafis ini juga sama capeknya dengan seri RX-580. VGAaini sudah melewati dua kali era mining. Harganya sendiri dibanderol di angka 1-2 jutaan saja.

GTX 1070
GTX 1070

VGA yang Wajib Tidak Dibeli / Dihindari

VGA card yang sebaiknya kalian hindari yaitu sebagai berikut:

  • VGA GTX 1060
  • VGA GTX 1070
  • VGA GTX 1080
  • VGA RX 470
  • VGA RX 480
  • VGA RX 570
  • VGA RX 580 

Daftar VGA yang wajib kalian hindari di atas adalah yang umumnya paling sering dipakai mining dalam jangka waktu yang lama. 

Itu dia tadi daftar rekomendasi VGA gaming murah terbaik yang bisa main game rata kanan paling worth it. 

Sekarang keputusan ada di angan kalian, apakah mau membeli VGA card baru dengan harga yang masih lumayan tinggi, atau kalian beli yang bekas, atau bahkan bekas mining. Tentukan pilihan dengan bijak.