Penyebab dan Cara Mengatasi Layar iPhone Macet

Layar iPhone adalah salah satu bagian paling penting dalam penggunaan smartphone ini. Namun, terkadang layar iPhone bisa mengalami masalah, seperti macet atau tidak responsif. Masalah ini bisa terjadi karena beberapa hal, seperti bug pada sistem operasi, debu atau cairan yang menempel di permukaan layar, cas yang rusak, atau screen guard yang terlalu tebal. Namun, jangan khawatir, berikut adalah cara mengatasi layar iPhone yang macet.

Penyebab dan Cara Mengatasi Layar iPhone Macet
Penyebab dan Cara Mengatasi Layar iPhone Macet

Restart iPhone secara paksa

Cara pertama yang bisa dilakukan adalah dengan restart iPhone secara paksa. Hal ini berguna untuk menyegarkan sistem yang terganggu karena bug. Caranya adalah dengan menekan dan lepas tombol volume atas dan bawah secara cepat, lalu tahan tombol power sampai muncul logo Apple. Setelah itu, lepaskan tombol power dan iPhone akan mati. Selanjutnya, tekan tombol power lagi untuk menyalakan iPhone kembali.

Update iOS

Versi iOS terbaru biasanya membawa perbaikan pada bug, termasuk bug yang bisa mengakibatkan masalah pada layar sentuh iPhone. Oleh karena itu, cara mengatasi layar iPhone macet selanjutnya adalah dengan melakukan update iOS. Caranya bisa dilakukan dengan Over the Air atau langsung di menu pengaturan iPhone. Atau, bisa juga dengan aplikasi iTunes di desktop.

Bersihkan permukaan layar

Bersihkan permukaan layar iPhone dari debu dan cairan, dengan menggunakan bahan yang halus (tidak korosif), seperti kain atau tisu. Setelah permukaan layar tampak bersih, coba sentuh dan gerakkan kembali layar iPhone.

Cabut cas

Jika cas dalam kondisi rusak, maka bisa mengeluarkan output daya yang tidak stabil. Hal ini dapat membuat layar iPhone tidak bisa disentuh ketika diisi daya. Oleh sebab itu, cara mengatasi layar iPhone macet selanjutnya adalah dengan mencabut cas dari iPhone dan menggantinya dengan yang baru.

Lepas screen guard

Screen guard yang terlalu tebal bisa membuat layar iPhone tidak responsif ketika disentuh. Jadi, cara mengatasi layar iPhone macet juga bisa dilakukan dengan melepas screen guard yang terpasang.

Itulah beberapa cara mengatasi layar iPhone yang macet. Semua cara di atas bisa dilakukan sendiri di rumah dengan mudah. Namun, jika masalah layar iPhone tetap terjadi setelah melakukan semua cara di atas, maka sebaiknya bawa iPhone ke tempat servis resmi untuk memperbaikinya. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda.