PeduliLindungi Menjadi SatuSehat Mobile

Kemenkes memperkenalkan aplikasi terbaru yang lebih baik daripada pendahulunya, PeduliLindungi. Per hari ini, Rabu (1/3), aplikasi tersebut telah diubah menjadi SatuSehat Mobile. Bagi pengguna PeduliLindungi, mereka tidak perlu mengunduh aplikasi baru, melainkan cukup melakukan pembaruan pada aplikasi yang sudah terpasang di Google Play Store (untuk pengguna HP Android) atau Apple App Store (untuk pengguna iPhone).

PeduliLindungi Menjadi SatuSehat Mobile

Chief Digital Transformation Office (DTO) Kemenkes, Setiaji, menyatakan bahwa pengguna tidak perlu membuat akun baru. Nomor HP atau email yang sudah terdaftar di PeduliLindungi sebelumnya dapat digunakan untuk login pada SatuSehat Mobile setelah menyetujui syarat dan ketentuan yang berlaku.

Setelah pembaruan aplikasi, profil anggota, sertifikat, dan tiket vaksin COVID-19 pengguna PeduliLindungi akan tersinkronisasi secara otomatis. Pengguna SatuSehat Mobile tidak perlu membuat akun baru untuk mulai menggunakan aplikasi tersebut.

SatuSehat Mobile memiliki fitur baru yang membantu pengguna dalam memantau kondisi kesehatan mereka. Fitur ini disebut “diari kesehatan”, yang mencatat dan memonitor kondisi kesehatan pengguna dan orang-orang terdekat. Ada empat kondisi yang bisa dicatat, yaitu pengukuran tubuh (tinggi dan berat badan), tekanan darah, gula darah, dan detak jantung. Pengguna dapat melihat informasi seperti kurva kesehatan, analisis, serta rekomendasi untuk tindakan lebih lanjut.

Setiaji menyatakan bahwa SatuSehat Mobile dapat membantu dan memberikan informasi dalam memantau kesehatan sesuai dengan kondisi tubuh pengguna di mana saja dan kapan saja. Fitur ini merupakan penunjang kesehatan personal dan terintegrasi dengan rekam medis elektronik (RME) melalui SatuSehat Platform.

Kemenkes berencana untuk menambahkan fitur baru secara bertahap, seperti informasi tentang imunisasi anak, antre ke rumah sakit, hasil pemeriksaan, dan data pembelian obat. Dengan adanya SatuSehat Mobile, diharapkan masyarakat dapat dengan mudah memantau kesehatan mereka dan mengakses informasi kesehatan yang terintegrasi dalam satu aplikasi.