Lebih Produktif dengan Koneksi Internet yang Stabil di Tahun 2023: Tips Mengatasi Koneksi Internet yang Tidak Stabil

Dalam era digital yang semakin maju, koneksi internet yang stabil menjadi salah satu hal yang sangat dibutuhkan. Namun, masih banyak daerah terpencil yang belum terjangkau sinyal internet yang memadai. Bahkan, di daerah-daerah yang sudah tersedia jaringan 4G pun seringkali mengalami masalah koneksi yang tidak stabil. Ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan hal tersebut, salah satunya adalah jarak lokasi yang jauh dari letak tower jaringan.

Mengatasi Koneksi Internet yang Tidak Stabil
Mengatasi Koneksi Internet yang Tidak Stabil

Koneksi internet yang tidak stabil tentu akan mengganggu kenyamanan saat berselancar di dunia maya. Khususnya jika menggunakan paket data internet 4G. Namun, jangan khawatir karena ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut.

Cara pertama yang bisa dilakukan adalah dengan mengunci jaringan ke 4G saja. Caranya cukup mudah, yaitu dengan membuka dial pad dan mengetikkan kode ##4636##. Kemudian, pilih opsi “Informasi telepon1” jika jaringan yang ingin dikunci adalah SIM 1, dan sebaliknya. Setelah itu, pada “Setel Jenis Jaringan yang Di sukai” pilih “LTE Only”. Dengan melakukan langkah tersebut, jaringan sudah berhasil dikunci ke 4G saja.

Namun, jika cara pertama tidak berhasil dilakukan, bisa mencoba cara kedua yaitu dengan mengunduh aplikasi 4G LTE Switcher di Google Play Store. Setelah berhasil diinstall, buka aplikasi tersebut dan pilih “Setel Jenis Jaringan yang Di sukai” lalu atur menjadi “LTE Only”. Dengan cara ini, jaringan akan terkunci ke 4G saja.

4G LTE Switcher
4G LTE Switcher

Meskipun kedua cara tersebut terlihat mudah untuk dilakukan, terkadang masih ditemukan kendala seperti pengaturan yang tidak muncul saat menggunakan cara pertama. Hal ini bisa terjadi karena adanya bug pada smartphone atau proses yang lambat. Untuk mengatasinya, bisa mencoba mengulangi beberapa kali hingga pengaturan tersebut muncul. Namun, jika cara pertama tetap tidak berhasil, sebaiknya mencoba cara kedua.

Terkadang juga ditemukan tampilan pengaturan yang berbeda-beda pada setiap tipe smartphone. Namun, tidak perlu khawatir karena pada dasarnya langkah yang harus dilakukan tetap sama, yaitu dengan memilih opsi “Informasi telepon” untuk mengunci jaringan.

Namun, untuk beberapa tipe smartphone, terdapat kasus di mana jaringan tidak dapat dikunci ke 4G pada SIM 2. Hal ini terjadi karena tidak semua smartphone mendukung dual 4G pada setiap slot SIMnya. Sehingga sebaiknya memindahkan kartu paket internetan ke SIM 1 terlebih dahulu agar jaringan bisa dikunci ke 4G saja.

Dengan melakukan tips-tips di atas, diharapkan koneksi internet bisa lebih stabil dan membuat aktivitas berselancar di dunia maya menjadi lebih nyaman. Terlebih di tahun 2023 ini, di mana kegiatan digital semakin banyak dilakukan untuk produktivitas