Lebih Hemat Memori dan Energi, Begini Google Chrome Mengurangi Beban Komputer Anda

Sejak pertama kali diperkenalkan 14 tahun yang lalu, Google Chrome semakin memakan banyak sumber daya dengan rakusnya. Mulai dari memori sistem hingga daya tahan baterai, semuanya menjadi terbebani. Namun, akhirnya Google melakukan sesuatu untuk mengatasi masalah ini. Dalam Chrome 110 untuk desktop Windows, Mac, dan Chromebook, Google meluncurkan mode penghemat memori dan energi.

Google chrome terapkan hemat memori dan energi
Google chrome terapkan hemat memori dan energi

Fitur-fitur yang diumumkan oleh Google pada bulan Desember ini diaktifkan secara default. Namun, fitur ini dapat dimatikan pada bagian Performa pada pengaturan Chrome.

Penghemat Memori membekukan tab yang tidak aktif untuk membebaskan RAM untuk halaman dan aplikasi lain. Saat mengklik tab yang dibekukan, pengguna dapat melanjutkan dari tempat terakhir di mana tab tersebut dibuka. Tidak hanya itu, ikon speedometer di bilah alamat juga akan menunjukkan bahwa tab tersebut tidak aktif dan digunakan lagi. Google mengklaim bahwa fitur ini dapat mengurangi penggunaan memori Chrome hingga 30 persen. Sebenarnya, mengatasi penggunaan memori Chrome juga dapat dilakukan dengan menutup tab yang tidak digunakan.

Penghemat Energi dapat membatasi aktivitas latar belakang, kecepatan bingkai video, dan efek animasi saat pengguna menggunakan Chrome. Fitur ini sangat berguna ketika tingkat baterai laptop atau Chromebook turun di bawah 20 persen. Pengguna dapat mengonfigurasi fitur ini agar langsung aktif saat mencabut pengisi daya untuk meningkatkan efisiensi. Saat Penghemat Energi aktif, pengguna akan melihat ikon daun di sebelah bilah alamat dan efek visual yang lebih sedikit di tab yang digunakan

Dalam dunia yang semakin berkembang, teknologi semakin memakan banyak sumber daya, sehingga penggunaan memori dan daya tahan baterai menjadi sangat penting. Penghemat Memori dan Energi yang diperkenalkan oleh Google Chrome dapat membantu mengatasi masalah ini. Semoga fitur-fitur baru ini bermanfaat bagi pengguna Chrome di seluruh dunia.