Kelebihan Pasokan Listrik, Begini cara PLN Menambah Permintaan Listrik.

PT PLN (Persero) saat ini mengalami kelebihan pasokan listrik yang cukup besar. Meskipun cadangan listrik milik perusahaan terus meningkat, kelebihan pasokan listrik masih terjadi karena tidak setara dengan permintaan. EVP Perencanaan Strategis Pembangkitan PLN, Iwan Utama mengisahkan bahwa kondisi listrik Indonesia di Jawa-Bali pada tahun 2019 reserve marginnya sudah mencapai 30% dan meningkat di tahun 2020 menjadi 35%.

Begini cara PLN Menambah Permintaan Listrik.
Begini cara PLN Menambah Permintaan Listrik.

Salah satu penyebab kelebihan pasokan listrik ini adalah karena masa lalu khususnya berkenaan dengan pembangunan pembangkit di Jawa. “Khususnya di Jawa kita memang ada daya-daya pembangkit yang cukup besar, sehingga ke depan perlu meningkatkan demand yang ada khususnya Jawa,” terang Iwan dalam Energy & Mining Outlook 2023 CNBC Indonesia, Kamis (23/2/2023).

Selain itu, kelebihan pasokan listrik juga ditengarai menurunnya konsumsi listrik pada masa pandemi. Namun, pada akhir tahun 2022 dan awal 2023, beban listrik yang sebelumnya merosot sudah mulai rebound kembali.

Untuk mengatasi kelebihan pasokan listrik dan menambah permintaan, PLN terus melakukan inovasi-inovasi. Salah satu cara yang dilakukan adalah dengan menambah minat pelanggan listrik PLN melalui akuisisi free power. Dengan cara ini, diharapkan permintaan listrik di dalam negeri dapat meningkat dan konsumen tegangan tinggi beralih ke PLN.

Tak hanya itu, PLN juga terus menggenjot pembangunan eksosistem kendaraan listrik seperti Stasiun Penyediaan Kendaraan Listrik Umum (SPKLU). “Itulah effort yang kami lakukan dalam rangka demand meningkat di tahun mendatang,” tandas Iwan.

Dengan terus melakukan inovasi dan upaya untuk meningkatkan permintaan listrik, PLN diharapkan dapat mengurangi kelebihan pasokan listrik di dalam negeri. Hal ini juga akan berdampak pada pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat yang semakin meningkat.