Inilah Tips Mengatasi WhatsApp Web Tidak Bisa Dibuka di Laptop

WhatsApp Web adalah salah satu fitur dari WhatsApp yang memungkinkan pengguna untuk menggunakan WhatsApp melalui browser di laptop atau komputer. Fitur ini sangat membantu pengguna untuk beraktivitas di depan komputer dan melakukan koordinasi dengan mudah. Namun, terkadang pengguna mengalami masalah ketika membuka WhatsApp Web yang tidak bisa dibuka atau loading WhatsApp Web lama. Apabila Anda mengalami masalah serupa, berikut adalah tips yang dapat membantu mengatasi WhatsApp Web tidak bisa dibuka di laptop.

Inilah Tips Mengatasi WhatsApp Web Tidak Bisa Dibuka di Laptop
WhatsApp Web

1. Pastikan koneksi internet dalam keadaan stabil

Salah satu alasan WhatsApp Web tidak bisa dibuka atau loading WhatsApp Web lama adalah karena koneksi internet yang tidak stabil. Pastikan koneksi internet pada laptop atau komputer dalam keadaan stabil dan lancar. Jika koneksi internet pada telepon bermasalah, ubah ponsel cerdas ke mode pesawat, kemudian nyalakan kembali jaringan hingga dipastikan lancar.

2. Refresh atau muat ulang halaman web

Jika koneksi internet pada laptop atau komputer dalam keadaan stabil, namun WhatsApp Web masih tidak bisa dibuka atau loading WhatsApp Web lama, coba refresh atau muat ulang halaman web. Hal ini dapat membantu mengatasi masalah koneksi bermasalah pada komputer.

3. Nonaktifkan layanan VPN

Jika layanan VPN sedang aktif, WhatsApp akan mendeteksi sebagai pengguna tidak sah sehingga WhatsApp Web tidak bisa diakses. Untuk mengatasi hal ini, nonaktifkan layanan VPN yang tadinya sedang aktif.

4. Logout dan login ulang

Jika cara-cara di atas tidak berhasil, coba logout dan login ulang. Meskipun tidak efektif karena harus mengandalkan ponsel cerdas lagi untuk melakukan login ulang, cara ini masih dapat membantu mengatasi buka WhatsApp Web lama. Waktu saat melakukan login ulang WhatsApp Web dengan membuka WhatsApp Web yang sudah ada memiliki durasi akses yang berbeda.

Cara logout dan login ulang WhatsApp Web:

  1. Buka WhatsApp Web di web.whatsapp.com
  2. Buka WhatsApp di ponsel cerdas untuk menautkan perangkat
  3. Ketuk titik tiga di pojok kanan atas di WhatsApp ponsel cerdas, kemudian pilih perangkat tertaut
  4. Pilih tautkan perangkat
  5. Scan kode QR ke WhatsApp Web

5. Menginstall WhatsApp Desktop

Jika cara-cara di atas masih tidak berhasil, coba install WhatsApp Desktop. Waktu untuk mengakses WhatsApp Desktop lebih cepat dibandingkan WhatsApp Web dan pengguna tidak perlu melakukan log out dan login ulang seperti cara yang pertama ketika mengakses WhatsApp Web lambat. Selain itu, sinkronisasi chat WhatsApp Desktop lebih baik dari WhatsApp Web.

Itulah tips mengatasi WhatsApp Web tidak bisa dibuka di laptop. Dengan mengikuti tips-tips di atas, pengguna dapat mengatasi masalah WhatsApp Web yang tidak bisa dibuka dan melanjutkan aktivitasnya dengan mudah melalui WhatsApp Web di laptop atau komputer.