Ini Dia Wifi Terbaik dan Tercepat di Indonesia yang Jarang Orang Tahu

Kali ini kita akan membahas tentang Internet Service Provider (ISP) atau penyedia layanan internet WiFi terbaik di Indonesia. 

Wifi Terbaik dan Tercepat di Indonesia
Wifi Terbaik dan Tercepat di Indonesia

Mungkin masih jarang yang tahu nama provider internet terbaik ini, tapi performance rate-nya terbilang tinggi dan stabil.

Berdasarkan survei yang dilakukan oleh Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) yang dirilis pada pertengahan tahun 2022, pengguna internet di Indonesia dengan jaringan fiber optik ini didominasi oleh Indihome. 

Indihome telah dipakai sebanyak 67,54% dari total pengguna internet jaringan kabel fiber opik. Baru kemudian disusul First Media, MNC, Iconnet, Biznet, dan Oxygen. 

Sementara itu, berdasarkan speedtest by Ookla, provider penyedia internet WiFi tercepat di Indonesia ini diduduki oleh:

  1. Biznet 
  2. MyRepublic
  3. Telkom
  4. First Media

Untuk latency / delay time terbaik ditempati oleh My Republic, Telkom, Biznet, dan First Media. 

Apa itu latency?

Latency dalam dunia perkomputeran sederhananya dikenal sebagai lag atau laging. Latensi dituliskan dalam satuan millisecond. 

Makin besar millisecond-nya, maka makin nge-lag atau lambat jaringan internet kita. Sebab latency adalah waktu yang diperlukan paket data buat mentransfer keseluruhan jaringan internet. 

Berikut ini adalah dua provider internet WiFi terbaik yang belum banyak orang tahu dengan peforma terbaik, murah, dan cepat. 

Wifi Iconnet

Salah satu provider yang menyediakan layanan WiFi dari mulai untuk keperluan rumahan hinga corporate terbaik di Indonesia adalah Iconnet. ISP ini banyak menawarkan paket internet yang menarik dengan harga yang worth it.

Performa Wifi Iconnet

Hasil pengujian kecepatan internet menggunakan nPerf, paket Iconnet 20 Mbps kecepatan download-nya cukup bagus dan stabil, real di angka 20 Mbps. 

Untuk upload speed-nya memang agak kurang stabil pada awalnya. Namun kemudian akan menjadi cepat dan cukup ngebut di angka 20-an Mbps. 

Untuk performa kecepatan browsing-nya, ketika dites berselancar dengan menggunakan Yahoo, terkadang masih mengalami time out. 

Kegagalan dalam upaya melakukan browsing ini beberapa kali terjadi meski pengujian dilakukan pada jam kerja di pagi hari. 

Namun ketika dites menggunakan browser lain seperti Google Chrome, Mozilla Firefox, dan lain-lain masih aman tanpa kendala. 

Kecepatan Streaming Wifi Iconnet

Untuk performa streaming YouTube berdasarkan hasil tes dari nPerf, untuk pengujian di resolusi 360p, 720p, dan 1080p, performanya sangat baik dan stabil.

Summary score atau nilai rataan akhirnya mencapai 72.538 nPoints berdasarkan indikator penilaian dari nPerf. 

Sedangkan performance rate untuk streaming-nya cukup bagus di angka 90,67% dan performa browsing-nya cukup buruk, berada di angka 46%.

Untuk latency performance-nya ada di angka 19 MS. Artinya latensinya memiliki fluktuasi yang cukup tinggi dengan nilai terendahnya 19 MS. 

Selanjutnya, kita juga bisa bandingkan hasil pengujian secara nasional dari data yang didapat oleh nPerf ini. 

Dari 12.000-an pengujian yang sudah dilakukan selama sekitar dua minggu, Biznet masih memiliki performance rate terbaik dengan 70.720 poin. 

Sementara itu, hasil pengujian yang didapat dari paket Iconnet 20 Mbps yang telah dilakukan di atas, mendapatkan skor 72.000 poin. 

Artinya Iconnet masih memiliki performa di atas rata-rata Biznet versi nPerf. Baru kemudian disusul oleh My Republic, PT XL Axiata dan Iconnet. 

Jadi secara rata-rata kecpatan internet nasional, Iconnet menduduki ranking 4 bahkan di atas Indihome yang yang paling banyak digunakan di Indonesia. 

Menariknya, untuk performa lokal di daerah Jawa Timur, Iconnet menduduki ranking ke-2 setelah Biznet dan mengungguli Telkom.  Namun Biznet masih dibawah Sandya Networks yang memiliki performance rate 76.189 nPoints. 

Wifi Sandya Networks

Mungkin kita masih jarang mendengar provider internet bernama Sandya Networks. 

Namun dari hasil pengujian performance rate versi nPerf, jaringan Sandya Network masih yang terbaik di area Jawa Timur. 

Bahkan mampu mengalahkan Biznet yang memiliki kecepatan akses internet sangat tinggi dan tercepat di Indonesia.

Kecepatan Intenet Wifi Sandya Networks

Dari ribuan tes yang telah dilakukan, untuk area lokal Jawa Timur, Sandya Networks memiliki performa terbaik. 

Dari hasil tes menggunakan nPerf, ISP ini mendapatkan poin 76.189. Bisa dikatakan Sandya Networks memiliki jaringan WiFi terbaik dan tercepat di Jawa Timur. 

Kalau ingin mengenal lebih jauh Sandya Networks, silakan kunjungi website resminya di www.sandya.net.id. 

Layanan dan Paket Internet Sandya Networks

Sandya Networks adalah penyedia layanan internet unlimited dengan jaringan fiber optik. 

Selain memberikan layanan internet akses, mereka juga memberikan layanan cloud acces service dan IT managed services. 

Untuk internet akses, ada tiga kategori layanan yang ditawarkan, yaitu family internet, entrepreneur, dan internet connection service. 

Layanan Family Internet untuk kebutuhan internet rumahan. Enterpreneur untuk kebutuhan internet perusahaan dan layanan ketiga, ICS (Internet Connection Services), diperuntukkan perusahaan besar yang membutuhkan jaringan internet dedicated. 

Paket Family Internet yang ditawarkan adalah jaringan fiber to home. Sandya Networks juga memberikan layanan internet unlimited tanpa FUP atau batas pemakain wajar. 

Untuk perangkat ONT atau modem router-nya dipinjamkan oleh mereka sehingga tidak ada biaya sewa atau biaya pembelian. 

Paket internet WiFi yang ditawarkan Sandya Networks tersedia mulai dari kecepatan 12 mbps hingga 75 mbps.

Harga yang ditawarkan juga cukup kompetitif dan bisa disandingkan dengan penyedia layanan internet WiFi lainnya. 

Coverage Area Sandya Networks

Sandya Networks saat ini masih mempunyai coverage area yang terbatas, hanya di daerah Jawa, khususnya di Jawa Timur dan cuma ada beberapa spot.

Untuk area Jawa Timur, saat ini Sandya Networks baru mencakup di dua kabupaten saja, yaitu Pacitan dan Ponorogo. 

Untuk wilayah Pacitan ini berada di sekitaran pusat kota Kabupaten Pacitan. Lalu di Kabupaten Ponorogo baru ada di beberapa titik saja. 

Untuk area Jabodetabek juga sudah support, meskipun masih belum memenuhi seluruh wilayah Jabodetabek. 

Coverage area untuk Jabodetabek masih berfokus di Depok, tepatnya di daerah Citayam-Bojongsari dan Tangerang Selatan hingga menuju Jakarta Selatan. 

Untuk mengetahui lebih lengkap mana saja area yang sudah ter-cover Sandya Networks, kalian bisa langsung kontak call center-nya yang nomornya tertera di laman web resminya. 

Penutup

Itu dia tadi provider internet penyedia paket internet WiFi terbaik, termurah, dan tercepat yang belum banyak orang tahu.

Baik Iconnet maupun Sandya Networks mungkin masih belum banyak yang memakai. Apalagi Sandya Networks yang masih bersifat lokal area, maka konsumennya pun masih di bawah 1% pengguna dari total seluruh pengguna jaringan WiFi internet fiber optik di Indonesia.

Namun dengan data performance rate yang cukup tinggi tersebut, ke depannya konsumen pasti akan banyak yang mencari. 

Dengan banyaknya permintaan konsumen, tentu Sandya Networks akan lebih mengembangkan jaringannya lebih luas lagi agar bisa dinikmati seluruh masyarakat Indonesia. ***