Google Play Games for PC: Cara main Game Android di PC

Bagi para penggemar game, terutama yang gemar bermain game seluler, ada kabar baik yang mungkin membuatmu bahagia. Google baru-baru ini merilis beta terbuka dari aplikasi desktop Google Play Games for PC yang tersedia untuk pengguna Windows 10 dan Windows 11. Dengan hadirnya aplikasi ini, kamu bisa menikmati pengalaman bermain game seluler dengan layar yang lebih besar dan lebih berani di platform game Google untuk PC.

Cara main Game Android di PC
Cara main Game Android di PC

Melalui aplikasi Google Play Games for PC, pengguna dapat menelusuri, mengunduh, dan memainkan berbagai game seluler populer di desktop atau laptop. Tak hanya itu, pengguna juga memiliki akses keyboard dan mouse yang membuatmu semakin nyaman bermain game. Selain itu, aplikasi ini juga menawarkan sinkronisasi tanpa hambatan di seluruh perangkat serta integrasi dengan Google Play Points.

Saat ini, Google Play Games for PC hanya tersedia di tiga wilayah, yakni Hong Kong, Korea Selatan, dan Taiwan. Namun, Google merilis beta terbuka ke lebih banyak negara dan wilayah di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Pengguna di wilayah yang terdaftar dapat mengunduh versi beta langsung dari halaman Google Play Game untuk PC.

Namun, ada beberapa persyaratan minimum yang perlu dipenuhi sebelum mengunduh Google Play Games for PC. Salah satunya adalah pengguna harus menggunakan OS Windows 10 (v2004) dan memiliki penyimpanan solid state drive (SSD) dengan ruang penyimpanan yang tersedia sebesar 10 GB. Selain itu, pengguna juga harus memiliki GPU Intel UHD Graphics 630 atau sebanding, 4 inti fisik CPU, 8 GB RAM, dan akun administrator Windows. Selain itu, virtualisasi perangkat keras harus diaktifkan.

Saat ini, terdapat lebih dari 100 game tersedia di seluruh wilayah beta. Google juga menambahkan game baru secara teratur, sehingga kamu disarankan untuk selalu memeriksa kembali untuk melihat game baru yang tersedia.

Tak hanya menawarkan layanan gaming hub, Google Play Games juga menawarkan fitur reward. Dengan Google Play Points, pengguna bisa mendapatkan poin untuk semua pembelian yang dilakukan melalui Google Play Game, termasuk langganan dan item dalam aplikasi. Poin yang terkumpul dapat ditukarkan di PC melalui proses yang sama seperti yang digunakan di perangkat seluler.

Meskipun layanan ini baru tersedia di beberapa wilayah, Google berencana untuk memperluas layanan ke wilayah lainnya akhir tahun ini. Namun, untuk pengguna macOS, Google Play Games for PC belum tersedia. Jadi, tunggu apa lagi? Unduh aplikasi Google Play Games for PC dan nikmati game favoritmu dengan layar yang lebih besar dan lebih seru!