Fitur Picture-in-Picture WhatsApp: Revolusi Video Call

WhatsApp, aplikasi pesan instan yang popular, kembali meluncurkan fitur baru untuk para pengguna iOS-nya. Fitur terbaru ini memungkinkan pengguna untuk mengakses aplikasi lain ketika sedang melakukan video call. Fitur tersebut dikenal sebagai Picture-in-Picture (PiP), yang pertama kali diumumkan pada Desember lalu. Saat ini, fitur PiP sudah tersedia bagi pengguna WhatsApp versi Beta untuk dilakukan uji coba.

Fitur Picture-in-Picture WhatsApp
Fitur Picture-in-Picture WhatsApp

Pengguna iPhone yang ingin menikmati fitur ini harus mengunduh atau mengupdate WhatsApp versi 23.3.77. Fitur PiP di WhatsApp bekerja dengan cara yang sama seperti aplikasi lain, seperti Apple FaceTime. Setelah bergabung dengan panggilan video dan meminimalkan aplikasi, fitur ini secara otomatis menampilkan video menjadi tampilan mengambang kecil di depan aplikasi lain.

Sebelumnya, pengguna WhatsApp versi iOS yang melakukan video call atau panggilan video tidak dapat melakukan multitasking. Hal ini dikarenakan video akan jeda ketika pengguna meminimalkan panggilan video. Namun, fitur PiP kini memudahkan pengguna untuk melakukan multitasking, seperti mengakses aplikasi lain di ponsel.

Fitur PiP sendiri sudah dinikmati lebih dulu oleh pengguna WhatsApp versi Android dan terbukti memudahkan pengguna untuk melakukan multitasking. Dilansir dari The Verge, pengguna iPhone masih perlu menunggu beberapa pekan untuk menikmati fitur ini beserta sejumlah fitur baru lainnya yang juga dirilis WhatsApp.

Selain fitur PiP, WhatsApp juga merilis beberapa fitur baru, seperti kemampuan untuk menambahkan teks saat mengirim dokumen, dukungan untuk deskripsi dan subjek yang lebih panjang untuk grup, dan pengenalan avatar yang dipersonalisasi yang dapat digunakan sebagai stiker dan foto profil.

Cara melakukan video call sendiri terbilang mudah bagi pengguna WhatsApp, baik Android maupun iPhone. Caranya cukup membuka kontak yang ingin dihubungi dan mengetuk tanda kamera yang tertera di kanan atas kolom kontak tersebut.

Dengan fitur Picture-in-Picture WhatsApp, para pengguna iOS kini dapat melakukan multitasking sambil melakukan video call, sehingga dapat meningkatkan produktivitas dan efisiensi dalam berkomunikasi. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk melakukan hal-hal lain selama panggilan video berlangsung, seperti memeriksa email, browsing internet, atau bahkan memainkan game. Dapat dikatakan, fitur PiP WhatsApp telah mengubah cara orang berkomunikasi secara online dan meningkatkan pengalaman pengguna.