ChatGPT: Bakal Jadi Biang Keladi Kelangkaan Kartu Grafis?

Kartu grafis atau GPU (Graphics Processing Unit) telah menjadi komponen penting dalam sistem komputer untuk mempercepat kinerja grafis dan visual. Namun, akhir-akhir ini, kelangkaan kartu grafis menjadi masalah utama bagi para pengguna komputer. Dalam artikel ini, kita akan membahas tentang bagaimana kecerdasan buatan (AI) yang dikenal dengan ChatGPT bikinan OpenAI dapat mempengaruhi kelangkaan kartu grafis di pasar.

ChatGPT: Bakal Jadi Biang Keladi Kelangkaan Kartu Grafis?
ChatGPT: Bakal Jadi Biang Keladi Kelangkaan Kartu Grafis?

ChatGPT merupakan layanan chatbot yang dapat memahami bahasa manusia dengan baik dan memberikan respons yang relevan. Untuk membuat ChatGPT semakin pintar, OpenAI menggunakan sekitar 10.000 unit GPU Nvidia. Selain itu, perusahaan lain seperti Google dan Microsoft juga mulai fokus menggarap teknologi AI, yang diperkirakan akan membutuhkan jutaan unit GPU Nvidia dalam waktu dekat.

Dengan meningkatnya permintaan untuk GPU di industri AI, vendor GPU seperti Nvidia mungkin akan beralih fokus untuk membuat lebih banyak GPU khusus AI daripada GPU mainstream yang digunakan oleh para end user seperti gamers dan kreator konten. Jika hal ini terjadi, dapat memicu kelangkaan GPU mainstream dan kenaikan harga-harga GPU komersial di pasar.

Namun, perlu diingat bahwa kelangkaan dan kenaikan harga GPU pernah terjadi beberapa waktu lalu, terutama karena maraknya kegiatan penambangan mata uang kripto (crypto mining). Jadi, kemungkinan hanya GPU Nvidia saja yang akan mengalami kelangkaan dan kenaikan harga, sementara GPU dari kompetitor Nvidia, yaitu AMD, diprediksi tetap aman.

Dalam pandangan jangka panjang, kebutuhan untuk GPU di industri AI diperkirakan akan semakin meningkat dan dapat menjadi faktor yang berpengaruh pada kelangkaan kartu grafis di masa depan. Oleh karena itu, produsen kartu grafis seperti Nvidia dan AMD perlu mempertimbangkan dengan cermat untuk memenuhi permintaan pasar yang terus meningkat.

Meskipun demikian, kecerdasan buatan yang semakin canggih dengan bantuan GPU akan memberikan kontribusi besar pada kemajuan teknologi di masa depan. Dan sebagai pengguna komputer, kita harus siap menghadapi tantangan apapun yang mungkin terjadi di pasar kartu grafis.