Cara Menghapus Akun Facebook yang Lupa Password

Cara Menghapus Akun Facebook yang Lupa Password Lengkap dengan Gambarnya – Facebook adalah salah satu aplikasi multiguna yang bisa kita manfaatkan untuk berbagai macam hal. Mulai dari mencari teman, mencari hiburan, atau bahkan berjualan. 

Cara Menghapus Akun Facebook yang Lupa Password
Cara Menghapus Akun Facebook yang Lupa Password

Karena banyak penggunanya, tak jarang Facebook disalahgunakan oleh orang-orang tak bertanggung jawab yang melakukan spam atau bahkan meng-hack akun orang lain. 

Nah, jika kalian punya akun Facebook yang sudah lupa kata sandi, ini akan sangat rawan untuk di-hack atau akun kalian dicuri dan digunakan oleh orang lain. 

Biasanya yang paling sering terjadi adalah akun Facebook yang lupa kata sandi, lupa email, dan lupa nomor telepon. 

Yang terakhir ini yang paling repot. Biasanya, kan, untuk mengembalikan akun Facebook yang lupa kata sandi dan email, kita akan dikirimi Facebook kode OTP / kode verifikasi ke nomor yang telah kita daftarkan. 

Sialnya, biasanya kita lupa nomor HP kita. Bahkan nomor telepon kita sudah hilang atau tidak aktif. Selain itu, kemungkinan terburuknya, kita belum menambahkan nomor ponsel kita di akun Facebook yang kita miliki. 

Jika hal-hal tersebut saat ini sedang kalian alami, maka artikel ini sangat cocok untuk kalian. 

Kali ini saya akan membahas bagaimana caranya menghapus akun Facebook yang lupa password. 

Jika kita sudah lupa kata sandi, lupa email, dan juga sudah lupa atau bahkan nomor handphone kita hilang, susah sekali untuk mengembalikan akses ke akun Facebook kita. 

Bahkan untuk menghapus akunnya pun perlu cara khusus karena kita tidak bisa login lagi ke akun Facebook kita. Oleh sebab itu, sebaiknya kita hapus saja akun Facebook kita yang lupa password-nya. 

Oke langsung saja, daripada akun kita digunakan orang lain untuk hal yang macam-macam atau hal yang tidak senonoh. Di bawah ini adalah tutorial bagaimana cara menghapus akun Facebook yang lupa password lengkap dengan gambarnya. 

Cara Menghapus Akun Facebook Lupa Password 

Oke, kita langsung saja ke pembahasannya. 

Nah lihat, di sini contoh akun Facebook yang sudah tidak dipakai. Yang sudah lupa kata sandi, lupa email-nya, lupa nomor telepon, atau bahakan nomor telepon kita sudah hilang atau tidak aktif. 

Begini Langkah-langkah menghapus akun Facebok secara permanen. 

1. Login ke Facebook dengan Akun Lain

Pertama-tama, kita masuk di Facebook dengan menggunakan akun lain milik kita yang masih aktif. 

2. Cari Nama Akun Facebook yang Mau Dihapus

Selanjutnya, ketikkan nama akun Facebook yang kita mau hapus secara permanen di kolom search / pencarian di Facebook. Selanjutnya akan muncul profil akun kita yang sudah lupa kata sandi. 

Riwayat aktivitas dari mulai postingan status maupun unggahan foto dan biodata diri akan ditampilkan di layar. 

Biasanya jika kalian yang lupa password atau lupa kata sandi ini sudah lama tidak digunakan untuk login akunnya, maka akan ada pihak lain yang menggunakan akun Facebook kita. Bisa jadi manusia asli maupun boot alias robot buatan. 

Umumnya akan ada unggahan-unggahan tidak jelas di bekas akun Facebook kita itu. Bahkan biodata diri pun biasanya sudah diubah juga. 

Oke, langsung saja kita amankan akun Facebook kita dari manusia-manusia jahat tidak bertanggung jawab ini. 

3. Cari Dukungan / Laporkan Profil 

Langkah selanjutnya kita pilih menu “cari dukungan atau laporkan profil”. Kita tunggu saja prosesnya hingga muncul text “pilih masalah untuk melanjukan”. 

Kemudian akan muncul beberapa menu seperti gambar di bawah. Kita pilih saja yang “berpura-pura menjadi orang lain”.  Lalu klik “Selanjutnya”. 

Berikutnya akan ada opsi lagi berupa pertanyaan “dia menyamar sebagai siapa?” Ada pilihan sebagai saya, sebagai teman, atau sebagai selebriti. 

Kita pilih saja “sebagai saya”. Berikutnya klik tab “selanjutnya” yang ada di bawah layar ponsel kalian. Maka akan muncul lagi menu konfirmasi “Anda memilih berpura-pura menjadi orang lain” dengan pilihan “menjadi saya” 

Facebook juga akan merekomendasikan kepada kalian untuk menghubungi lembaga penegak hukum di wilayah setempat. Jika kalian merasa dalam bahaya atau ada seseorang lainnya yang menurut kalian terancam keselamatannya atas tindakan akun “fake” tersebut.

4. Blokir Akun Facebok

Langkah selanjutnya kita blokir akun kita yang sudah lupa kata sandinya itu. Pilih yang menu kedua “Blokir Akun ….” 

Sesuai keterangan, jika kalian sudah meng-klik blokir, maka akan muncul peringatan dari Facebook “Anda tidak akan dapat saling melihat atau menghubungi lagi”

Jangan dihiraukan, kita blokir saja akunnya. Kemudian langkah yang terakhir, silakan pilih menu “Laporkan” agar akun tersebut diblokir secara permanen oleh Facebook.

5. Kirim Laporan ke Facebook 

Setelah melakukan proses blokir, akan ada pilihan menu “Laporkan Profil untuk ditinjau Facebook” Jika sudah meng-klik-nya, maka akan muncul menu“Apakah ini melanggar standar komunitas kami?” seperti gambar di bawah…

Nah, kita beri centang pada kolom “Saya yakin bahwa ini melanggar Standar Komunitas Facebook”. Jika sudah beres, kita klik saja “Selanjutnya” yang ada pada tab yang muncul di bawah layar smartphone kalian. 

Kalian juga bisa membaca-baca dulu standar komunitas Facebook dengan klik menu “Lihat Standar Komunitas”. Jika merasa kurang yakin atau sekedar ingin mengetahui hal apa saja yang dilarang oleh Facebook–yang bisa membuat akun seseorang dihapus dari Facebook. 

Setelah itu kita klik “kirim laporan”.

Jika sudah, akan muncul informasi dari Facebook bahwa laporan kita diterima lengkap dengan alasan yang sudah kita pilih sebelumnya. Kita klik saja tab “Selanjutnya” yang ada di bawah layar agar laporan kita masuk proses peninjauan. 

Yang terakhir, nanti keputusan final akan dibuat oleh pihak Facebook. Setelah melakukan langkah-langkah sebelumnya tadi dengan benar, kita sudah ada di tahap kedua yaitu “Menunuggu Persetujuan”, sebelum akhirnya nanti ada laporan dari Facebook “Keputusan Dibuat”. 

Setelahny, proses peninjauan dari Facebook ini akan berlanjut selama beberapa minggu. Kita tunggu saja sampai nanti ada notifikasi dari Facebook berupa balasan dari laporan yang sudah kita buat.

Selama menunggu peninjauan Facebook, kita juga bisa memilih menu lainnya seperti berikut…

Kalian bisa mengonfirmasi ulang apakah ingin memblokir akun tersebut di Facebook dan Messenger atau di Messenger saja. Atau kalian hanya mau menyembunyikan profil dan postingannya saja. 

Selain itu, kita juga diberi pilihan untuk mengurungkan laporan yang tadi sudah kita buat, jika merasa ada yang salah atau masih ragu dengan keputusan kita melaporkan akun tersebut sebelumnya. 

Oke, jika sudah kita klik “Selesai” saja agar laporan kita segera diproses untuk ditinjau Facebook. 

Proses selesai dan kita tinggal menunggu akun tersebut ditinjau. Biasanya dalam jangka waktu satu atau dua minggu akan ada balasan dari Facebook “Keputusan Dibuat”. Dan akun Facebook kita yang lupa password itu berhasil dihapus secara permanen***