cara menggunakan UAC untuk membatasi instalasi program di Windows 10

UAC atau User Account Control adalah fitur keamanan bawaan Windows 10 yang memungkinkan pengguna untuk membatasi instalasi program pada komputer mereka. UAC bekerja dengan memunculkan dialog box yang meminta konfirmasi dari pengguna sebelum memungkinkan program untuk melakukan perubahan pada sistem.

cara menggunakan UAC
cara menggunakan UAC 

Berikut ini adalah cara menggunakan UAC untuk membatasi instalasi program di Windows 10:

Buka Control Panel

Untuk membuka Control Panel, klik tombol Start di pojok kiri bawah layar, lalu ketik “Control Panel” di kolom pencarian. Klik ikon Control Panel ketika muncul di hasil pencarian.

Buka User Accounts

Di Control Panel, klik “User Accounts” untuk membuka opsi pengaturan akun pengguna.

Ubah pengaturan UAC

Klik “Change User Account Control Settings” untuk membuka jendela pengaturan UAC. Di sini, Anda akan melihat sebuah slide bar yang memungkinkan Anda untuk memilih tingkat keamanan UAC.

Untuk membatasi instalasi program di Windows 10, pilih salah satu dari dua pengaturan teratas: “Always notify” atau “Notify me only when apps try to make changes to my computer (default)”.

Jika Anda memilih “Always notify”, UAC akan meminta konfirmasi dari pengguna sebelum setiap tindakan yang memerlukan hak akses administrator. Jika Anda memilih “Notify me only when apps try to make changes to my computer (default)”, UAC akan meminta konfirmasi hanya ketika program mencoba mengubah pengaturan sistem.

Simpan pengaturan

Setelah memilih pengaturan yang diinginkan, klik “OK” untuk menyimpan pengaturan UAC.

Dengan menggunakan UAC, Anda dapat membatasi instalasi program di Windows 10 dan meningkatkan keamanan komputer Anda dari serangan malware dan virus. Selalu pastikan bahwa pengaturan UAC selalu diatur dengan benar dan selalu waspada saat menginstal program baru.