Aplikasi Kitab Kuning Terbaik Lengkap dengan Terjemahan Bahasa Indonesia dan Cara Menginstalnya

Kali ini penulis akan berbagi informasi tentang aplikasi kitab kuning terbaik lengkap dengan terjemahan bahasa Indonesia dan maknanya. Aplikasi itu adalah Maktabah Syamilah.

Aplikasi Kitab Kuning Terbaik
Aplikasi Kitab Kuning Terbaik

Di artikel kali ini penulis akan memberikan tutorial cara meng-install aplikasi kitab kuning Maktabah Syamilah dengan cepat, mudah, dan praktis pada smartphone. 

Jika mengikuti cara ini, kalian tidak perlu men-download puluhan kitab-kitab kuning lain satu-per-satu. 

Selain untuk membaca kitab kuning, di aplikasi ini juga tersedia tambahan beberapa materi seperti fiil masail dan beberapa tanya jawab seputar hukum Islam yang ada terjemahan bahasa Indonesianya. 

Sebelumnya, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum kalian mengikuti tutorial ini, yang pertama siapkan memori penyimpanan yang masih kosong. Kalian butuh sekurang-kurangnya 1,5 GB free storage. 

Selain itu, siapkan juga kuota atau akses internet untuk men-download aplikasi Maktabah Syamilah beserta file data kitabnya dan beberapa aplikasi pendukung lainnya yang akan penulis jelaskan di bawah. 

Untuk file data kitab kuning yang akan kita download kurang lebih file-nya berukuran 1 GB. Sebelumnya, pastikan kalian sudah men-download aplikasi Maktabah Syamilah di Playstore dulu. 

Caranya juga sangat mudah, ketikan nama aplikasinya di kolom pencarian. Jika sudah ketemu aplikasinya, silakan klik install, lalu tunggu hingga proses instalasi selesai. 

Oke, jika sudah punya aplikasi Maktabah Syamilah di smarthphone kalian, silakan ikuti tutorial di bawah ini untuk bisa mulai belajar dan membaca kitab kuning di Android. 

Berikut ini tutorial instal aplikasi kitab kuning terbaik lengkap dengan terjemahan bahasa Indonesia di smartphone Android. 

Langkah-Langkah Install Aplikasi Kitab Kuning di HP Android

1.  Install aplikasi RAR

Pertama-tama silakan download dan install aplikasi RAR yang ada di Playstore terlebih dahulu.  Aplikasi ini nantinya akan kita pakai untuk mengekstrak file data kitab yang kita unduh. 

2. Install Aplikasi Solid Explorer

Selanjutnya ketik “Solid Explorer” di kolom pencarian Playstore. Unduh dan install aplikasinya.  

3. Install Aplikasi Shamela Books Library

Cari aplikasi Shamela Books Library di Playstore, silakan download dan install di smartphone kalian. Jangan lupa berikan izin akses aplikasinya. 

4. Download file data kitab Maktabah Syamilah

Jika proses intalasi aplikasi Shamela Books Library sudah selesai, silakan menuju Google Chrome dan masukkan link data kitab berikut ini bit.ly/DataApkMaktabahSyamilah
Silakan klik download link tersebut. Jika muncul peringatan “Google mendeteksi virus atau file terlalu besar, silakan klik “download anyway / tetap download file ini”

Tunggu proses download sampai selesai. Jika sudah, tutup tab-nya dan keluar dari Chrome 

5. Jalankan aplikasi Solid Explorer 

Buka aplikasi Solid Explorer yang sudah kalian download sebelumnya > klik next / berikutnya > centang “Saya menerima persetujuan lisensi”. 

Izinkan akses file aplikasi Solid Explorer di smartphone kalian > Buka folder download > Open file unduhan Maktabah Syamilah.rar > tekan back / keluar dari aplikasi Solid Explorer. 

6. Buka aplikasi RAR

Jalankan aplikasi RAR > buka folder unduhan > buka folder Maktabah Syamilah.rar > ekstrak file-nya. Jika sudah selesai mengekstrak, silakan keluar dari aplikasi RAR. 

7. Buka aplikasi Maktabah Syamilah 

Jalankan aplikasi Maktabah Syamilah > izinkan semua akses aplikasi > masukkan file .rar yang telah diunduh tadi dengan membuka aplikasi Solid Explorer. 
Beri izin akses aplikasi Solid Explorer ke memori internal. Buka file data kitab Maktabah Syamilah.rar tadi. 

Folder file data kitab pun sudah berhasil dimasukkan ke aplikasi Maktabah Syamilah. Buka kembali aplikasi Maktabah Syamilah. Silakan pilih kitab yang ingin kalian baca.

5 Aplikasi Kitab Kuning Terbaik Untuk Android dengan Terjemahan Bahasa Indonesia 

Selain dengan menggunakan aplikasi Maktabah Syamilah seperti di atas, ada juga beberapa aplikasi lainnya yang tak kalah bagus yang bisa kalian download di Playstore dengan mudah. 

1. Kumpulan Kitab Kuning Lengkap

Aplikasi yang dikembangkan oleh Hijrah App Studio yang dirilis tahun 2020 silam ini juga telah menjadi aplikasi membaca kitab kuning yang banyak digemari oleh para santri dan santriwati. 

Aplikasi ini bisa kalian download di Playstore gratis dan sudah lengkap dengan terjemahan bahasa Indonesia. Ukuran file-nya juga sangat ringkas, hanya 16 MB saja. 

Salah satu keunggulan dari aplikasi ini adalah kitab fiqih-nya yang cukup lengkap dengan user interface yang sederhana dan mudah untuk dipahami. Rating dari aplikasi ini juga sangat tinggi, ada di angka 4,8/5.0 dengan berbagai review positif dari penggunanya. 

2. Kumpulan Kitab Kuning

Berikutnya ada aplikasi bernama Kumpulan Kitab Kuning yang dikembangkan oleh Ari Riyanto sejak dirilis pertama kali pada bulan Juni 2021. 

Aplikasi ini bisa diunduh gratis di Playstore. Untuk menjalankannya pun tak perlu memakai kuota internet karena aplikasi ini berjalan secara offline. Sangat cocok buat kalian yang mau hemat kuota. 

Meskipun hanya berjalan secara offline tanpa koneksi internet sama sekali, aplikasi ini berisikan kumpulan kitab kuning yang sudah banyak dipelajari di pesantren dan madrasah. 

Isi kitab-kitabnya pun cukup lengkap dan sudah ada Arab dan terjemahannya yang disertai penjelasan yang mudah dipahami. 

Beberapa kitab kuning terkenal yang ada di aplikasi ini di antaranya yaitu: Kitab Al Hikam, Kitab Fathul Qarib, Kitab Qurrotuuyul Uyun, Kitab Safinatu Najah, Kitab Ta’lim Muta’alim, dan berbagai kitab lainnya yang dilengkapi dengan terjemahan bahasa Indonesia.

3. Galeri Kitab Salaf

Aplikasi Galeri Kitab Salaf adalah salah satu aplikasi kitab islami yang bisa kalian gunakan untuk membaca kitab kuning dengan format file PDF. Kalian dapat mengunduh aplikasi ini di Google Playstore. 

Setelah mengunduh dan mengisntall-nya, sama seperti aplikasi Maktabah Syamilah sebelumnya, kalian tidak bisa langsung membaca kitab. Kalian perlu men-download dulu kitab-kitab yang list-nya sudah ada di dalam aplikasinya. 

Di aplikasi yang dikembangkan oleh developer Tajuz Zuhuid ini, kalian bisa belajar banyak hal mulai dari aqidah, tafsir, shalawat dan berbagai macam ilmu kajian islami lainnya. 

4. Kitab Kuning Arab dan Artinya 

Satu lagi perangkat untuk belajar kitab kuning yang paling sering digunakan oleh para santri adalah aplikasi Kitab Kuning Aab dan Artinya. 

Kalian bisa mengunduhnya di Playstore secara gratis. Aplikasi ini memiliki rating yang cukup tinggi di angka 4,7 dan telah mendapat banyak review yang sangat positif. 

Aplikasi yang dirilis pada Oktober 2019 oleh Qaila Studio ini menyediakan banyak kitab kuning, dari mulai kitab kuning PDF, kitab kuning fiqih, kitab kuning adabul mar’ah, dan masih banyak lagi.

5. Kitab Kuning Lengkap Terjemahan 

Yang terakhir ada aplikasi Kitab Kuning Lengkap Terjemahan yang dirilis pada Maret 2020. Aplikasi yang dikembangkan oleh Sejalati Studio ini memiliki user interface yang sederhana dan mudah digunakan. 

Ukuran file-nya juga sangat ringkas, hanya 30-an MB saja. Di dalamnya terdapat koleksi kitab kuning yang cukup lengkap dalam bahasa Arab dan dilengkapi terjemahan bahasa Indonesia. 

Nah, itu dia tadi daftar aplikasi kitab kuning terbaik lengkap dengan terjemahan bahasa Indonesia yang bisa kalian download gratis di Playstore lengkap dengan tutorial, tips, dan trik dan cara menginstal aplikasi kitab kuning yang dapat penulis bagikan. Mudah-mudahan bisa membantu kalian yang mau belajar dan membaca kitab kuning. Semoga bermanfaat.