8 Komponen yang Dibutuhkan Untuk Merakit PC Gaming Murah Spek Tinggi

Komponen yang Dibutuhkan Untuk Merakit PC Gaming Murah Spek Tinggi – Merakit PC menjadi hal yang cukup tricky bagi para pemula dan gadget antusias yang ingin mempunyai komputer dengan harga murah spek tinggi.

Merakit PC Gaming
Merakit PC Gaming

Ada berbagai komponen yang diperlukan untuk merakit PC, entah unuk kebutuhan editing, gaming, desain, atau pekerjaan lainnya. 

Salah satu yang paling banyak dicari adalah PC Gaming. Seperti yang kita semua tahu, untuk menjalankan game-game berat memang membutuhkan spek PC yang tinggi. 

Dengan memiliki PC gaming, artinya kita punya komputer yan berspesifikasi mumpuni yang bisa menjalankan tidak hanya game berat saja, melainkan pekerjaan berat lainnya seperti editing video, rendering, dan lain-lain. 

Berikut ini penulis sajikan komponen apa saja yang dibutuhkan untuk merakit PC Gaming. 

1. Casing

Casing adalah hal pertama yang dipandang orang saat melihat sebuah rakitan PC. Untuk casing-nya kalian bisa pakai MGI Starship. Produk ini didistribusikan resmi di Indonesia oleh Memory Ghost.

Casing PC
Casing PC

Ketika melihat casing Starship ini, apa yang ada di pikiran kalian? Kalau menurutku sih keren. Bagian depannya menggunakan tempered glass. Kelihatan fan dan RGB-nya yang cantik. 

Namun ada kekurangannya juga, yaitu power supply yang posisinya masih di atas. Hal semacam ini memberikan kesan kurang kekinian, alias jadul. Tapi kabar baiknya tertutup dengan RGB di bagian depannya. 

Untuk harganya sendiri, MGI Starship di marketplace dijual dengan harga 350-450 ribuan  saja tanpa fan. Untuk kipas atau fan-nya ini bisa kalian beli secara terpisah. 

Material yang digunakan MGI Starship ini diklaim memakai SPCC 0,5 mm dan tempered glass dengan ketebalan 4 mm pada bagian kaca samping kanan dan depannya. 

Untuk air flow-nya sendiri cukup baik. Ada rongga udara yang bisa masuk. Terdapat jarak antara casing SPCC ini dengan bagian kacanya. Rongga udara beberapa mili itu juga bisa menyebarkan panas dengan optimal melalui fan yang ada di dalam. 

Di bagian atasnya juga ada lubang ventilasinya yang bisa membantu mengurangi panas komponen-komponen yang ada di dalam. Kalian bisa memasangkan dua atau tiga fan sesuai kebutuhan. 

Bagian bawahnya juga berongga dengan kaki-kaki yang tinggi. Hal ini membuat udara segar dari bawah bisa naik, lalu keluar melalui ventilasi pada bagian atasnya sehingga dapat memberikan air flow yang bagus. 

2. Prosesor

Untuk spek prosesor murah yang bisa kalian pakai adalah chipset intel generasi ketiga, Core I5 3470 3,2 GHz. Harganya di kisaran 250 ribuan saja untuk secondhand-nya. Ini adalah chipset yang menurutku paling worth it di kelas harganya. 

Core I5 3470 3,2 GHz
Core I5 3470 3,2 GHz

Prosesor jadul seperti ini memang sudah banyak yang terjun harganya, namun secara performa masih cukup bagus dan bisa dipakai dengan lancar untuk sekarang hingga beberapa tahun ke depan. 

3. Motherboard

Untuk motherboard-nya, kalian bisa menggunakan Intel LGA 1155 H61 Pegatron yang sekarang di marketplace dijual sekitar 325-350 ribuan saja. Harga second-nya memang sudah turun drastis. 

Motherboard
Motherboard

Namun demikian, untuk merakit PC sebenarnya memang lebih disarankan menggunakan generasi terbaru agar bisa menikmati teknologi baru dengan performa yang lebih ngebut.

4. Storage

Storage untuk rakitan PC gaming termurah ini lebih disarankan menggunakan SSD, jangan pakai hardisk agar lebih lancar saat maian game, multitasking, dan booting yang lebih cepat. 

Kalian bisa menggunakan SSD Adata SU650 yang 120 GB. SSD ini sudah cukup baik untuk di-install Windows 10 atau Windows 11. 

SSD Adata SU650
SSD Adata SU650

Termasuk Microsoft Office 2021, Adobe Premier Pro untuk editingvideo,Photosop,bahkan dengan beberapa game juga masih cukup lega dengan spek SSD 120 GB ini.

5. VGA Card

Salah satu kartu grafis yang paling recomended di kelasnya adalah VGA MGI GM107 2GB. Arsitekturnya masih sama dengan VGA Nvidia yang dirilis di tahun 2014 juga. Memakai architecture Maxwell dengan varian GPU-nya GM 107 28 nanometer.

VGA MGI GM107 2GB
VGA MGI GM107 2GB

Untuk garansinya sendiri selama dua tahun. Jadi, kalau misalkan ada kerusakan atau error, kalian bisa langsung meminta ganti unit baru dengan mengklaim garansinya ke store-nya Memori Ghost.

6. RAM (Random Acces Memory)

Untuk RAM kita pakai saja yang 8GB. Sekarang di e-commerce RAM 8GB bekas dijual cuma 200 ribuan saja.  Bahkan ada juga yang menjualnya di harga 150 ribuan.

RAM (Random Acces Memory)
RAM (Random Acces Memory)

7. Power Supply

Power supply kita bisa membeli yang baru saja karena penting untuk menjaga komponen-komponen lain agar tetap sehat. Harganya juga tidak terlalu mahal. 

power supply Game Max GP550
power supply Game Max GP550

Untuk rakitan PC spek gaming tiga jutaan ini, kita pakai power supply Game Max GP550 yangbersertifikasi 80+ dan sudah terdaftar di website resminya. Fitur-fiturnya pun sudah cukup lengkap.  

Komponen-komponen yang kita pakai untuk merakit PC gaming ini menggunakan daya tidak lebih dari 400 watt, jadi power supply 500 watt seperti di atas sudah lebih dari cukup. 

8. Fan

Untuk fan GPU-nya kita menggunakan Jonsbo HP-400. Harganya juga cukup terjangkau, hanya 300 ribuan saja. Secara look, cukup unik dan lucu dnegan aksen biru-putih yang menyatu dengan lampu RGB-nya. 

Jonsbo HP-400
Jonsbo HP-400

Biaya Rakit PC Gaming

Di atas sudah disebutkan komponen apa saja yang dibutukan untuk merakit PC gaming. Nah, jika ditotal-total, kalian hanya perlu mengeluarkan budget 3-3,5 juta untuk meakit PC gaming dengan spek yang cukup tinggi. 

Sekarang pertanyaannya adalah….

Rakitan PC seperti di atas bisa untuk memainkan game apa saja? Di bawah ini adalah contoh game-game berat yang bisa dijalankan oleh PC rakitan dengan spek prosesor Intel Core I5 3470 3,2 GHz dengan Ram 8GB dan Vga MGI GM107 2gb. 

1. Pes 2021

Rakitan PC ini mampu menjalankan game PES 2021 dengan resolusi 1080p medium quality dengan sangat lancar. Tidak ada lag dan suhunya juga tetap adem di kisaran 50-an derajat. Hal ini membuktikan kalau air flow-nya mampu memecah panas dengan optimal.

2. GTA 5

Salah satu game berat di PC yang paliang banyak dimainkan adalah GTA V. Dengan spek rakitan PC seperti di atas bisa dengan lancar memainkan GTA 5 resolusi 1080p dan bisa mendapatkan 80-an fps.  

Tidak ada lag, lancar memainkan game-nya termasuk untuk render bangunan masih aman untuk dimainkan seharian. 

3. Valorant 

PC dengan spek seperti ini mampu menjalankan game Valorant dengan resolusi 1080p, preset high dan mampu mendapatkan 120-an fps. 

Game ini bisa berjalan dengan lancar dan akan lebih smooth lagi jika kita menggunakan monitor dengan refresh rate 75 Hz ke atas. VGA dan prosesornya juga masih tetap adem.

4. Rise of The Reds

Game berat yang belakangan viral ini juga mampu dimainkan dengan lancar di PC ini. Mendapatkan resolusi 1080p low dengan 40-an fps. 

Penggunaan VGA untuk menjalankan game ini 100%. Overall, masih cukup lancar dan tangguh menjalkankan game berat seperti ROTR ini.

Itu dia tadi komponen yang dibutuhkan untuk merakit PC gaming murah. Dengan uang tiga jutaan saja, kalian bisa mendapatkan PC dengan spek gaming dan editing yang sudah cukup baik.