Tutorial Blog Cara Mengedit URL Permalink Agar Postingan Blog Mudah Ditemukan

Tujuan utama seorang blogger salah satunya adalah agar tulisannya mudah ditemukan di pencarian dan dibaca oleh banyak orang.

Banyak faktor yang bisa menentukan artikel kita mudah ditemukan di pencarian google, dan itu tidak bisa didapat dengan cara instan. butuh waktu dan kerja keras yang harus kita lakukan untuk mencapai hal tersebut.

Jangan pernah mencoba mengakali google dengan cara – cara curang, karena itu tidak akan bertahan lama karena google tidak sebodoh yang kamu bayangkan.

Tugas utama seorang blogger adalah menulis, dengan terus menulis konten – konten yang segar dan kualitas tulisan yang baik. seiring berjalannya waktu bukan tidak mungkin tulisanmu akan berada di halaman pertama google.

Banyak yang bilang kalau ingin tulisan kita berada di page one, menerapkan teknik SEO (Search Engine Optimation) dalam tulisan kita adalah cara yang ampuh. dengan membidik keyword – keyword dengan volume pencarian yang tinggi memberikan peluang artikel kita berada di page one google. bisa jadi iya bisa jadi tidak. karena menurut saya berada di page one google tidak hanya karena satu faktor saja. beberpa faktor lain juga pasti mempengaruhinya.

Tapi tidak ada salahnya menerapkan ilmu – ilmu tersebut demi posisi page one, yang terpenting adalah tidak melanggar kebijakan google atau sampai melakukan kecuranga.

Selain tehnik SEO dalam artikel, cara lain yang bisa dilakukan untuk memberikan peluang artikel kita mudah dicari adalah dengan melakukan setting permalink. sebenarnya ini juga menjadi salah satu tehnik SEO On Page.

Apa itu Permalink?

Permalink sebenarnya adalah singkatan dari permanen link atau link permanen. Permalink adalah URL yang susunan dan bentuknya akan tetap bertahan selama bertahun tahun. secara mudahnya adalah URL tersebut bersifat permanen dan tidak akan berubah seperti yang di definisikan di Wikipedia Pengertian Permalink.

Ketika ketika menulis sebuah artikel dan mempublisnya maka permalink akan disusun secara otomatis sesuai dengan judul artikel yang kita buat. seperti contoh gambar berikut ini.

Jika judul yang kita buat terlalu panjang maka, secara otomatis akan terpotong sesuai batas maksimal penggunakan jumlah huruf dalam permalink. kita dapat mengubah URL tersebut sesuai kebutuhan kita dengan melakukan setting link permanen khusus di blog.

Apa Fungsi Setting Permalink Khusus?

Melakukan setting permalink di postingan blog kita memiliki beberapa keuntungan, diantaranya adalah menerapkan salah satu tehnik SEO yaitu SEO On Page, dengan mengubah URL permaling posting, kamu bisa menggantinya dengan keyword yang sesuai dengan isi dari artikel yang kita buat.

Selain itu juga untuk memudahkan agar orang menemukan artikel yang kita buat, gunakan susunan kata singkat dan sederhana yang cenderung biasa digunakan seseorang untuk mencari sebuah informasi di google.

banyak keuntungan dari melakukan pengeditan pada URL permalink, namun masih banyak yang belum menggunakan menu ini ketika memposting sebuah artikel di blog.

Cara Mengedit URL Permalink di Blogspot

Cara Mengedit URL permalink sangat mudah, ketika kamu selesai menulis sebuah artikel dan kemudian menuliskan judul yang sesuai, perhatikan deretan menu yang ada di sebelah kanan artikel. Klik di bagian Tautan Permanen kemudian pilih Tautan Permanen Khusus. akan muncul kolom kosong dibawahnya yang menjadi tempat kamu menuliskan Tautan Permanen postinganmu tersebut.

Tulis sesuai keyword artikelmu dan gunakan  tanda (-) sebagai pemisah dari setiap kata, contohnya untuk postingan yang berjudul “Pie Susu” kamu bisa masukkan di kolom Tautan Permanen Khusus “Cara-membuat-pie-susu” kemudian setelah itu klik tombol selesai. maka URL artikelmu akan sesuai dengan apa yang kamu tuliskan tadi.

Semoga artikel ini bermanfaat, jika ada yang belum paham silahkan tanyakan di kolom komentar.