Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips Cara Memilih Ram Untuk Laptop

Selain hardisk ternyata ada salah satu lagi komponen komputer yang terpenting adalah RAM. RAM berasal dari singkatan Random Access Memory. RAM merupakan tipe penyimpanan komputer yang dapat diakses dalam waktu tetap. Namun RAM merupakan jenis tempat penyimpanan data sementara dimana saat komputer atau latop mati maka data yang tersimpan dalam RAM akan hilang kembali. Selain itu setiap memori RAM memiliki jenis dan slot yang berbeda. Sehingga dalam memilih RAM harus disesuaikan dengan tipe komputer atau laptop anda.
Tips Cara Memilih Ram Untuk Laptop
Tips Cara Memilih Ram Untuk Laptop

Nah berikut ini saya sampaikan beberapa tips untuk memilih RAM yang sesuai dengan laptop:
  • Pilih memori RAM yang sesuai dengan spesifikasi dekstop PC anda. Seperti jika motherboard PC anda mendukung dual channel, maka pilihlah RAM yang memiliki jumlah ganda.
  • Sebaiknya pilih 2 buah memori dengan kapasitas 2GB dari pada hanya membeli 1 buah memori RAM berkapasitas 4 GB.
  • Komputer yang memiliki sistem RAM dual channel memiliki performa yang jauh lebih baik.
  • Pilihlah merk RAM yang memiliki reputasi baik dalam layanan penjualan, seprti merk RAM terbaik Avexiar, Corsair, Hynix, Kingmax, Kingston, Samsung, Team Dark, V-Gen, Visipro, dll. Anda bisa mendapatkan informasi mengenai vendor RAM terbaik ini dengan mencari sejumlah service center yang telah lama memiliki garansi dan sudah banyak dikenal luas oleh para pengguna komputer.
  • Jangan memilih memori dengan chip yang aneh dan RAM yang tidak jelas. Pilihlah Ram yang sudah terpercaya seperti infineon, visipro, samsung, dan lainnya bisa menjadi referensi. Pemilihan Ram dengan chip yang aneh sangat disarankan karena ada beberapa motherboard yang menyarankan menggunakan chip tertentu untuk dukungan kesesuaian.
  • Jangan memilih memori RAM yang tidak dalam kemasan. Meski berlabel ternama namun memori tray atau tidak dalam kemasan ini memiliki tingkat kerusakan yang tinggi, ditambah lagi resiko data corrupt yang tinggi akibat chip rusak sehingga akan beresiko membuat gangguan eror pada dekstop PC.
  • Jika anda menggunakan komputer dalam waktu yang lama, pastikan anda memilih memori RAM yang sudah dilengkapi dengan heat spreader. Meski harganya jauh lebih mahal dari memori RAMpada umumnya. Namun RAM jenis ini memiliki performa dan kestabilan yang sangat bagus. Sehingga akan mampu menjaga kestabilan komputer dekstop PC/Laptop dengan baik.
  • Pilih memori dengan angka latency yang rendah
  • Pilihlah memori dengan slot yang sama, karena jika tidak sama maka memori RAM tidak dapat digunakan
  • Jangan lupa perhatikan pula kapasitaa maksimal ukuran memori RAM dekstop PC anda.
  • Jika anda berniat untuk menambah ataupun mengupgrade jumlah RAM, maka sesuaikanlah dengan spesifikasi dan frekuensi RAM.